Delegasi UI Raih 4 Penghargaan

Selasa, 14 Juli 2015 - 10:34 WIB
Delegasi UI Raih 4 Penghargaan
Delegasi UI Raih 4 Penghargaan
A A A
DEPOK - Putra-putri bangsa Indonesia kembali mengukir prestasi di tingkat internasional.

Empat mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan dalam salah satu kompetisi simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) paling prestisius se- Asia-Pasifik, yaitu Asia-Pacific Model United Nations Conference (AMUNC) 2015 .

Pencapaian ini merupakan perolehan penghargaan terbanyak sejak UI mengirimkan delegasi pertama ke AMUNC pada 2010. Kali keempat UI mengikuti AMUNC, tujuh mahasiswa dikirim untuk mewakili salah satu universitas terbaik di Indonesia ini sebagai peserta. Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Adeline Tiffanie, Adry Gracio Manurung, Anyssa Rizka, Lestari Cinta Zanidya, Muhammad Ali Riza, Sherley Mega Sandiori, dan Syarifah Nadhira Anggitasari.

Dari 7 mahasiswa yang dikirim, 4 di antaranya berhasil membawa pulang penghargaan. Dua mahasiswa berhasil meraih penghargaan Best Diplomacy Award , yaitu Adry Gracio Manurung dalam United Nations Development Programme (UNDP) dan Sherley Mega Sandiori dalam United Nations Education, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Dua penghargaan lainnya yang diraih delegasi UI adalah Honorable Mention yang berhasil diraih Anyssa Rizka dalam Special Political and Decolonization Committee (Specpol) dan Muhammad Ali Riza dalam League of Arab States (LAS). “Untuk meraih penghargaan tersebut, kami harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai isu internasional yang dibahas, kemampuan berdiplomasi yang baik dengan peserta lainnya, pemikiran yang kritis dan solutif, serta kemampuan untuk menuangkan ide dan pemikiran ke dalam tulisan yang berbentuk resolusi,” tutur Adry, salah satu anggota tim yang berhasil membawa pulang penghargaan.

Selain mengirim 7 peserta, tahun ini UI juga mengirim 5 mahasiswa untuk berpartisipasi sebagai director . Kelima orang tersebut adalah Hilya Nisrina, Kevin Emeraldi, Safira Pusparani, Safira Ramadhani, dan Chandra. Sebagai director , kelima mahasiswa tersebut bertanggung jawab mempersiapkan topik-topik yang akan dibahas serta menjadi moderator diskusi. Untuk dapat terpilih menjadi director , kelima mahasiswa tersebut harus mengikuti berbagai tahapan seleksi yang ketat, di antaranya seleksi CV, seleksi pengetahuan akan isu internasional, dan wawancara.

Adry menyadari bahwa keberhasilan delegasi UI untuk AMUNC tahun ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak, yaitu keluarga, universitas, serta alumni delegasi UI untuk AMUNC tahun lalu yang telah memberikan pelatihan khusus bagi delegasi UI tahun ini agar mampu meraih penghargaan.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang akan memasuki semester 5 itu berharap agar pencapaian delegasi UI pada AMUNC 2015 mampu memotivasi seluruh pemuda Indonesia untuk terus berjuang dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. AMUNC merupakan salah satu kompetisi simulasi sidang PBB terbesar se-Asia-Pasifik.

Ajang ini diikuti lebih dari 700 mahasiswa dari berbagai negara. Pada pengadaan yang ke-21 ini, AMUNC dilaksanakan di Perth, Australia, dari tanggal 29 Juni sampai dengan 4 Juli 2015.

Chamad hojin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4593 seconds (0.1#10.140)