10 Barang Bekas yang Banyak Dicari

Kamis, 09 Juli 2015 - 09:48 WIB
10 Barang Bekas yang Banyak Dicari
10 Barang Bekas yang Banyak Dicari
A A A
Siapa bilang barang bekas tidak memiliki nilai lagi? Sebagian orang ternyata masih mengincar jenis barang tertentu meski dalam kondisi bekas. Berikut 10 barang bekas yang paling banyak dicari menurut jajak pendapat KORAN SINDO.

1. GADGET
Semua orang saat ini menginginkan gadget dengan teknologi termutakhir. Namun, semakin canggih gadget, semakin tinggi pula harganya. Buat beberapa orang yang tidak memiliki budget cukup akhirnya menyiasatinya dengan membeli gadget dalam kondisi bekas.

2. MOBIL
Bursa jual beli mobil di Indonesia tidak pernah mati. Mulai dari barang baru sampai barang bekas. Nyatanya, walaupun sudah tidak baru, peminat akan mobil bekas ini tidak surut. Bisa dilihat dari situs jual beli mobil bekas, ribuan iklan penawaran mobil diposting setiap harinya. Pembelinya pun juga banyak.

3. RUMAH
Memiliki rumah tidaklah semudah membeli gadget. Terlebih harga rumah di Indonesia tergolong cukup mahal. Membeli rumah bekas bisa menjadi satu opsi paling bijak. Alasannya karena tidak perlu menunggu lama pembangunan rumah serta harganya yang juga lebih murah dibanding harus membangun rumah baru.

4. BENDA ANTIK
Semakin tua semakin jadi. Pernyataan ini bisa menggambarkan sifat barang antik. Semakin antik barang tersebut semakin mahal pula harganya. Kepemilikan benda antik bisa meningkatkan prestise seseorang, itu sebabnya banyak kolektor benda antik melakukan perburuan hingga ke tempat yang sulit sekalipun.

5. PERHIASAN
Perhiasan bisa menjadi suatu investasi. Layaknya tanah, investasi perhiasaan juga bisa menguntungkan. Berlian, emas dan permata banyak dicari meski dalam kondisi bekas. Asal pemilik bisa merawat dengan benar, maka perhiasan bisa dengan mudah berpindah -pindah tangan.

6. TELEVISI
Hampir setiap rumah pasti memiliki televisi. Bahkan, beberapa rumah bisa memiliki lebih dari satu televisi. Televisi menjadi salah satu perangkat elektronik yang sering dibeli orang dengan kondisi sudah tidak baru lagi. Harga televisi yang cukup mahal membuat beberapa orang memilih untuk membeli televisi bekas.

7. PAKAIAN
Jika membeli baru, pakaian dengan merek ternama bisa dipastikan akan menguras dompet. Untuk menyiasatinya, beberapa orang melirik pakaian bekas. Dengan merek yang juga sama-sama ternama, konsumen bisa mendapatkan harga sangat murah.

8. MOTOR
Sama halnya dengan mobil, beberapa orang lebih memilih membeli motor bekas di bandingkan dengan motor baru. Harga motor baru yang cukup mahal membuat beberapa orang mengurungkan niatnya untuk membeli motor baru. Motor bekas biasanya bisa turun setengah harga dari motor baru tergantung kondisi motor tersebut.

9.
TAS Beberapa tas merek ternama seperti Hermes, Dolce and Gabbana, serta Zara memproduksi tas berkualitas bagus dengan harga cukup mencengangkan. Harganya bisa ditaksir antara puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Oleh karena mahalnya tas tersebut, sebagian orang memilih membeli tas-tas mewah itu dalam kondisi bekas.

10. LAPTOP

Perkembangan laptop yang semakin canggih membuat harga laptop semakin meningkat, terlebih permintaan juga tidak pernah surut. Karena kebutuhan, tidak sedikit orang yang pada akhirnya membeli laptop bekas karena harganya yang tidak sesuai isi kantong.

PASAR LOAK PALING RAMAI

Pasar Triwindu, Solo
Jika Anda mencari aneka barang antik dengan nilai seni tinggi, Pasar Triwindu di jalan Diponegoro, Solo, Jawa Tengah adalah tempatnya. Pasar dua lantai ini dipenuhi beragam barang antik di setiap lorongnya. Bermacam perabotan rumah tangga, aksesori, keramik, uang kuno, hingga sepeda antic ada di pasar Triwindu. Satu hal yang membuat Pasar Triwindu ramai dikunjungi pembeli, selain karena kelengkapan barangnya adalah karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Pasar Senen, Jakarta
Pasar yang berada di Jakarta Pusat ini sudah bertahun-tahun menjadi pusat belanja pakaian bekas. Mulai dari jaket, celana, jam, kacamata, sepatu, sandal hingga gorden cantik ada di sini. Yang paling menarik adalah harga yang ditawarkan sangat miring. .

Pasar Gedebage, Bandung
Tak mau kalah dengan Jakarta, Kota Mode seperti Bandung ternyata juga memiliki pasar loak yakni Pasar Gedebage. Sama seperti Pasar Senen, Pasar Gedebage juga menjadi terkenal sebagai pusat penjualan baju bekas berkualitas. Aneka barang seperti jaket, kaos, kemeja, dan aneka pakaian anak-anak bekas namun berkualitas dibanderol dengan harga supermurah. Tak tanggung-tanggung, harga yang ditawarkan bisa lebih murah hingga 70% dari harga asli.

Pasar Cihapit, Bandung
Satu lagi pasar loak murah yang ada di Bandung, yaitu Pasar Cihapit. Penamaan pasar ini disesuaikan dengan lokasi pasar yang berada di Jl Cihapit. Ini adalah pasar loak paling tua di Bandung. Terbukti, pasar ini masih bertahan sejak 1945, meliputi kawasan Jalan Cihapit, Cibeunying Utara sampai ke Jalan Bengawan. Barang yang dijual di Pasar Cihapit didominasi oleh audio mobil dan onderdil bekas.

Pasar Taman Puring, Jakarta
Pasar Taman Puring berada di kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Pasar ini terbagi menjadi dua lantai, dengan ratusan kios yang memenuhi tiap bagiannya. Kebanyakan toko yang ada di pasar ini menjual aneka onderdil kendaraan dan juga peralatan olahraga, ada yang bekas, ada pula bebarapa yang baru. Walau demikian, Pasar Taman Puring didominasi oleh sepatu.

Pasar Antik Jalan Surabaya, Jakarta
Jejeran Kios di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Selatan ini awalnya sekitar tahun 1960-an hanya sebuah pasar kaget yang menjual beragam barang bekas mulai dari keperluan sandang sampai perabot rumah tangga. Namun pada tahun 1971, tempat ini mulai menjamur pedagangpedagang yang menjual beragam barang antik.

Pasar Klithikan, Yogyakarta

Pasar yang terletak di Jl. H.O.S. Cokroaminoto kota Yogya menjual beragam barang antik dan bekas mulai dari sepeda onthel atau sepeda antik tahun 1930-an, beberapa kamera analog bekas, hingga onderdil bekas motor dan mobil. Selain itu, barang yang paling banyak diburu di Pasar Klithikan ini adalah koin uang kuno.

TIPS BELANJA BARANG BEKAS

Tidak ada salahnya meminta diskon
Meski harga barang sudah terhitung murah, tak ada salahnya bila Anda bisa merayu pemilik toko untuk memberikan diskon. Dengan cara ini, Anda juga bisa lebih menekan bujet. Biasanya barang yang agak cacat, akan dibanderol dengan potongan harga 10%-20%.

Pastikan mencoba barang yang dibeli
Misalnya saja Anda membeli pakaian, usahakan mencobanya sebelum memutuskan membeli. Karena beberapa toko barang bekas tidak menyediakan kamar ganti, sehingga pastikan mengenakan pakaian yang bisa dengan mudah didobel ketika mencoba pakaian.

Cek kualitas dan harga barang
Anda tidak akan pernah tahu kapan barangbarang bermerek bekas berkualitas bisa Anda temukan. Untuk itu teruslah memantau toko barang bekas langganan karena siapa tahu nasib baik berpihak untuk bisa mendapatkan produk tersebut dengan harga miring.

Jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan
Melihat barang dengan harga murah pasti membuat keranjingan membeli. Padahal belum tentu barang yang Anda beli benarbenar diperlukan. Sebaiknya sebelum membeli, tanyakan pada diri sendiri, apakah benar-benar memerlukan barang tersebut.

Demi kepentingan sosial
Kebanyakan toko barang bekas menyumbangkan sebagian hasil penjualannya untuk organisasi tertentu. Tujuannya adalah beramal. Dengan membeli barang bekas, Anda bisa merasa bangga terhadap diri sendiri bahwa tidak hanya membeli barang murah berkualitas tapi juga untuk kegiatan sosial ataupun kemanusiaan

Cari Informasi
Sebelum memutuskan membeli barang bekas, carilah informasi terlebih dahulu mengenai barang yang akan dibeli. Misalnya, jika ingin membeli ponsel bekas, ceklah terlebih dahulu harga normalnya di toko elektronik atau di koran.

AMERIKA PENYUMBANG TERBESAR SAMPAH ELEKTRONIK

* Amerika Serikat tercatat sebagai negara penyumbang terbesar sampah perangkat elektronik di dunia.
* Negara adidaya itu tercatat memproduksi ratusan juta perangkat elektronik dalam setahun.
* Dalam data yang dikumpulkan kemitraan PBB dalam laporan inisiatif 'Solving the E-Waste Problem (StEP)', AS memuncaki daftar negara penghasil sampah elektronik terbesar hingga tahun 2012 dengan menyumbangkan 9,4 juta metrik ton, setara 10,4 juta ton sampah
* China menempati urutan kedua dengan kontribusi sampah elektronik mencapai 7,3 juta metrik ton, atau setara delapan juta ton.
* Terdapat 184 negara di seluruh dunia yang menghasilkan hampir 54 juta ton (setara 49 juta metrik ton) produk elektronik dalam setahun.
* Jika dirata-rata tiap orang di seluruh dunia ini memiliki sampah elektronik masing-masing 20 kilogram.
* StEP Iniative meramalkan sampah elektronik dunia meningkat 33% atau menjadi 72 juta ton pada tahun 2017 nanti
* Dari sisi produksi perangkat, sebenarnya China merupakan penyumbang terbesar. Pada tahun 2012, Negeri Tirai Bambu itu memproduksi 12,2 juta ton perangkat elektronik.
* AS menempati urutan kedua dengan produksi 11 juta ton perangkat elektronik. Namun, kenyatanya AS malah menjadi penyumbang sampah terbesar mengungguli China.
* Artinya masyarakat di AS lebih konsumer terhadap barang-barang elektronik ketimbang masyarakat di China.

PASAR LOAK DI DUNIA


Rose Bowl - Pasadena, California
Petticoat Lane - London, Inggris
Marche aux Puces St-Ouen de Clignancourt Paris, Prancis
Feira da Ladra Lisbon, Portugal
Panjiayuan Beijing, China
The Rocks Weekend Market Sydney, Australia
Chatuchak Weekend Market - Bangkok, Thailand
Green Point Cape Town, Afrika Selatan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5237 seconds (0.1#10.140)