10 Mitos yang Masih Dipercaya dan Dipraktikkan

Kamis, 02 Juli 2015 - 09:48 WIB
10 Mitos yang Masih Dipercaya dan Dipraktikkan
10 Mitos yang Masih Dipercaya dan Dipraktikkan
A A A
Teknologi sudah semakin canggih namun bukan jaminan kalau masyarakatnya tidak lagi percaya mitos. Kenyataannya banyak masyarakat Indonesia yang masih sangat percaya dengan hal-hal tersebut bahkan masih mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa mitos yang masih dipercaya versi jajak pendapat KORAN SINDO.

1. Jangan Duduk Di Depan Pintu –sulit Jodoh


Jangan duduk di depan pintu, nanti akan sulit jodoh. Mitos ini berada di urutan puncak sebagai mitos yang dipercaya dan masih dipraktekkan. Meski belum ada penelitian ilmiah yang dapat mengaitkan hubungan antara duduk di depan pintu dengan sulitnya bertemu jodoh, nyatanya masih banyak orang tua yang melarang anak gadis mereka untuk duduk di depan pintu.

2. Tidak Boleh Berfoto Bertiga

Tidak boleh foto dengan tiga orang juga menjadi sebuah mitos yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Foto bertiga dipercaya dapat menyebabkan orang yang berada di posisi tengah mengalami kesialan bahkan bisa menyebabkan kematian.

3. Ibu Hamil Wajib Membawa Gunting

Gunting dipercaya dapat berfungsi sebagai penolak bala karena konon kabarnya jin dan mahluk halus kerap mengganggu ibu hamil lantaran tubuhnya mengeluarkan bau harum. Walaupun sulit diterima dengan akal sehat, nyatanya masih banyak ibu – ibu yang sedang mengandung mempraktekkan hal ini.

4. Larangan Menyapu di Malam Hari

Kegiatan menyapu di malam hari menjadi hal yang dilarang karena dipercaya dapat membuang rezeki yang telah kita kumpulkan selama seharian. Menariknya banyak orang mempraktekkan mitos ini walaupun tidak ada penjelasan logis mengenai korelasi antara menyapu malam hari dengan hilangnya rezeki. Namun, jika dimaknai secara logis, kegiatan menyapu memang sebaiknya dilakukan pagi atau siang hari karena di waktu tersebut penerangan lebih maksimal dan hasilnya pun nanti juga akan maksimal.

5. Posisi Rumah Tusuk Sate Membawa Sial

Rumah tusuk sate adalah rumah yang menghadap persimpangan antara 2 jalan membentuk huruf T. Menurut Feng Shui, rumah tusuk sate dapat berdampak buruk bagi penghuninya. Karena alasan itulah, banyak orang yang enggan untuk membeli rumah dengan posisi tersebut. Biasanya, harga rumah yang berada di posisi inipun lebih murah dibandingkan dengan rumah – rumah dengan posisi lainnya. Namun di sisi lain, konon rumah tusuk sate bisa menguntungkan jika digunakan sebagai tempat berbisnis.

6. Jangan Berbaju Hijau di Pantai Selatan


Siapapun yang berkunjung ke pantai selatan dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Konon kabarnya, mereka yang nekad mengenakan pakaian hijau akan dibawa oleh Ratu Pantai Selatan ke kerajaannya. Banyak orang yang masih percaya namun ada juga yang menganggap itu tahayul. Ombak pantai selatan yang tinggi ditambah sikap kurang hati-hati pengunjung dinilai sebagian orang sebagai alasan lebih rasional sebagai penyebab banyaknya korban jiwa di pantai selatan.

7. Dilarang Siul Pada Malam Hari


Sebagian masyarakat Indonesia masih percaya bahwa bersiul di malam hari dapat memanggil mahluk halus. Selain itu, banyak orang juga berpendapat jika bersiul di malam hari maka saat kita tertidur kita akan mendengar siulan balasan dari sang mahluk halus. Sampai sejauh ini masih banyak yang mempercayai mitos ini walau belum bisa dibuktikan

8. Membuang Air Panas Mendidih Dalam WC/Selokan – Nasib Sial

Berhati–hatilah jika ingin membuang air panas mendidih ke dalam WC atau selokan. Beberapa orang beranggapan bahwa jika membuang air panas mendidih ke dalam WC atau selokan dapat menganggu mahluk halus penunggu tempat-tempat tersebut. Akibatnya, bisa saja mahluk halus itu akan membalas aksi si pelaku pembuang air panas.

9. Mimpi Gigi Tanggal, Pertanda Akan Ada yang Terkena Musibah


Mimpi bagi sebagian orang hanyalah bunga tidur dan tidak berarti apa– apa. Sedangkan bagi sebagian orang lainya, mimpi bisa dianggap sebagai pertanda. Misalnya saja mimpi gigi tanggal. Sebagian orang mempercayai bahwa jika bermimpi gigi tanggal maka akan ada orang yang kita kenal terkena musibah, bahkan meninggal dunia.

10. Buka Payung Dalam Rumah Tertimpa Sial

Larangan untuk membuka payung dalam rumah juga masih sering dipraktekkan sebagian masyarakat. Dipercaya, mereka yang membuka payung di dalam rumah bisa mengalami nasib sial dalam hidupnya.

MITOS, LEGENDA DAN ILMU PENGETAHUAN

Legenda

• Cerita yang memiliki beberapa unsur fakta sejarah atau akurasi
• Menceritakan tentang orang-orang nyata, tempat, atau peristiwa dari sejarah, dan kemudian dihiasi dengan menceritakan kembali
• Berupa fakta

Mitos

• Cerita yang kadang-kadang dapat berakar pada fakta sejarah, tetapi lebih sering berhubungan dengan makhluk gaib, dewa, dan penjelasan tentang fenomena alam
• Sebuah imajinasi dari manusia yang berusaha menerangkan gejala alam dikaitkan dengan kepercayaan akan adanya kekuatan ghaib
• Belum tentu fakta

Alasan mengapa manusia mudah menerima mitos

1. Keterbatasan pengetahuan manusia
2. Keterbatasan manusia dalam menalarkan sesuatu
3. Keingintahuan manusia yang telah terpenuhi untuk sementara
4. Keterbatasan alat indera manusia

Menurut sosiolog Auguste Comte sejarah perkembangan jiwa manusia berlangsung tiga tahap

1.Tahap teologi atau fiktif Manusia berusaha mencari atau menemukan sebab yang pertama dan tujuan terakhir dari segala sesuatu,dan selalu dihubungkan dengan kekuatan ghaib.
2. Tahap filsafat atau metafisik atau abstrak Tahap metafisika atau abstrak merupakan tahap dimana manusia masih tetap mencari sebab utama dan tujuan akhir tetapi manusia tidak lagi menyadarkan kepada kepercayan kekuatan ghaib melainkan kepada akalnya sendiri yang telah mampu melakukan abstraktasi guna menemukan hakikat segala sesuatu.
3.Tahap positif atau ilmiah riel Tahap positif atau riel merupakan tahap dimana manusia telah mampu berfikir secara positif atau riel atas dasar ilmu pengetahuan.

Cara Memperoleh Pengetahuan

Menurut Charles Price ada 4 macam cara untuk memperoleh pengetahuan yaitu:
• Percaya Seseorang akan mendapat pengatahuan karena ia percaya pada hal tersebut adalah benar
• Wibawa Sesuatu akan dianggap benar,apa bila seseorang yg berwibawa menyatakan benar
• Apriori Merupakan suatu keyakinan/pendirian/anggapan sebelum mengetahuai (melihat,mendengar,menyelidiki) keadaan tertentu.
• Metode I lmiah Seseuatu dianggap ilmiah apa bila memiliki patokan yg merupakan rambu2 untuk menentukan benar atau salah.

Ilmu pengetahuan dianggap ilmiah apabila memenuhi 4 syarat

• Objektif
• Metodik
• Sistematis
• Berlaku Umum/ Universal

Ada 2 pokok untuk memperoleh pengetahuan

1. Empiris Pengetahuan yang disusun berdasarkan pada pengalaman, paham yang dikembangkan disebut Empiris
2.Rasionalisme Cara yang didasarkan pada suatu rasio. Hanya rasio saja yang dapat membawa orang kepada kebenaran dan dapat memberi petunjuk dalam segala jalan pikiran

10 MITOS SAINS

Di luar mitos-mitos yang banyak kita temui sehari-hari, ironisnya dalam dunia ilmu pengetahuan yang mengunakan metode ilmiah juga masih banyak diselimuti mitos.?

Pembagian otak kanan-kiri mempengaruhi gaya belajar

• Dikotomi otak kanan-kiri lahir dari salah tafsir sebuah eksperimen sains terhadap otak (split brain experiment) di tahun 1960an.
• Walaupun ada distribusi kerja di masing-masing bagian otak, faktanya, otak kanan dan kiri kita tidak pernah terisolasi satu sama lain dan selalu bekerja sama ketika melakukan suatu kegiatan apapun.

Eh belum 5 menit!

• Mitos ini mengatakan butuh waktu 5 detik buat bakteri di lantai untuk mengkontaminasi makanan yang jatuh ke lantai.
• Faktanya, sedikit kontak saja dengan lantai, bahkan 1 detik saja, bakteri-bakteri di lantai dipastikan langsung mengkerubuti makanan yang jatuh itu.

Manusia baru memakai 10% kapasitas otaknya

• Mitos ini menyatakan kalo manusia baru memanfaatkan 10% kapasitas otaknya sedang 90% lagi masih belum dimanfaatkan dengan optimal. Mitos ini juga lahir dari salah tafsir sebuah eksperimen sains dan seakan memberi pengharapan (palsu) pada pelajar yang nilainya jelek atau pas-pasan bahwa ada cara instan untuk mengaktivasi 90% bagian otak lainnya.
• Faktanya semuanya itu ditentukan oleh kerja keras sesorang bukan karena kapasitas otak kita yang belum optimal.

Lidah punya zona-zona untuk mengecap rasa tertentu

• Gagasan ini menyatakan bahwa lidah sebagai indera pengecap mempunyai area tertentu untuk mengecap rasa yang berbeda.
• Faktanya dari berbagai penelitian menyebut walaupun satu bagian pada lidah bisa mendeteksi suatu rasa sedikit lebih cepat, semua bagian pada lidah bisa bisa merasakan semua jenis rasa dengan level intensitas dan sensasi yang sama.

Aktivasi otak tengah

• Menurut deskripsi program Aktivasi Otak Tengah (AOT), otak tengah manusia pada umumnya masih belum aktif. Faktanya otak tengah adalah penghubung otak depan dan otak belakang dan berfungsi mengontrol respons penglihatan, pendengaran, dan gerakan bola mata serta mengatur suhu tubuh. Sesuai dengan fungsinya, kalau bener otak tengah kita masih "tidur” atau belum aktif, berarti pergerakan bola mata jadi abnormal, kena penyakit Parkinson, hingga stroke.

Manusia (hanya) punya 5 indera


• Di bangku sekolah kita diajarkan bahwa manusia punya 5 indera yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan pengecap.
• Faktanya ada bagian tubuh kita yang memiliki kemampuan untuk mengindera tekanan, rasa gatal, suhu, posisi tubuh (proprioception), ketegangan otot, rasa sakit (nociception), dan keseimbangan (equilibrioception)

Bahan kimia itu berbahaya

• Mitos ini sudah mengakar di pikiran masyarakat khususnya terkait iklan-iklan produk herbal dan tradisional yang mengklaim lebih baik dari produk obat modern yang dimitoskan mengandung bahan kimia.
• Faktanya, semua hal di sekitar kita adalah bahan kimia tak terkecuali segala sesuatu yang berasal dari alam. Suatu bahan kimia bisa jadi berbahaya atau bermanfaat bergantung pada cara dan dosis pemakaiannya

Minum antibiotik pas demam atau flu, biar cepat sembuh

• Antibiotik berasal dari kata anti dan bio (hidup). Berarti digunakan untuk membunuh sesuatu yang hidup. Antibiotik, secara definisi, membunuh bakteri. Nah, batuk, sakit telinga, sakit tenggorokan, pilek, flu, dan demam ringan itu umumnya disebabkan oleh virus. Antibiotik tidak dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus

Minum susu secara teratur bisa mengurangi risiko osteoporosis

• Sejak kecil kita dikasih “doktrin” supaya rajin minum susu karena merupakan sumber asupan kalsium untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi kalsium memang memberikan fondasi penting bagi masa depan. Tapi hal ini tidak mencegah kerusakan tulang di kemudian hari.
• Faktanya kerusakan tulang seiring berjalannya usia adalah hasil dari berbagai faktor, meliputi faktor genetik, kurangnya aktivitas fisik, dan menurunnya kadar hormon dalam tubuh.

Golongan darah mempengaruhi kepribadian

• Mitos ini menyebutkan golongan darah itu mempengaruhi personality seseorang.
• Faktanya kepribadian dan karakter manusia itu kan ada banyak dan tidak bisa hanya dikotak-kotakkan pada hanya 4 tipe golongan seperti golongan darah. Selain itu, sifat orang kan dinamis, bisa berubah seiring berjalannya waktu, bisa jadi karena proses pendewasaan atau kejadian tertentu dalam hidup

Foto-Foto: Istimewa/Grafis: Syarif Hidayatullah
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1717 seconds (0.1#10.140)