Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi

Selasa, 31 Januari 2023 - 11:19 WIB
loading...
Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi
Burung-burung kicau yang sangat disukai masyarakat Indonesia kini terancam punah. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Burung merupakan hewan unggas yang cukup populer di kalangan masyarakat. Saat ini sudah banyak berbagai jenis burung kicau dengan suara merdu yang makin digemari masyarakat karena memiliki suara kicauan yang indah, mulai dari burung jenis kenari, lovebird, hingga burung cucakrawa.

Masing-masing burung kicau ini memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lain. Namun, ada spesies burung kicau tertentu yang dilindungi karena sudah mulai langka dan bahkan ada yang terancam punah. Pemerintah telah memberlakukan undang-undang yang dapat menjerat siapa saja yang menangkap hewan yang dilindungi tersebut.



Berikut deretan burung kicau yang pernah eksis, namun kini terancam punah dan dilindungi.

1. Burung Cucak Hijau
Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi


Burung cucak hijau atau yang dikenal dengan cica daun besar merupakan salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang unik dan dulu sering diikutkan dalam perlombaan burung. Namun, karena keberadaannya kini terancam punah, cucak hijau telah ditetapkan sebagai satwa yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2018. Perburuan liar jadi salah satu penyebab utama populasi cucak hijau di taman nasional semakin berkurang.

Di kalangan penggemar burung berkicau, cucak termasuk salah satu yang banyak dipelihara karena berharga mahal. Burung cucak hijau memiliki warna bulu yang unik dengan area badan berwarna hijau, dan area wajah yang hitam cerah. Cucak hijau banyak ditemukan di puncak-puncak pohon tinggi di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Cara merawat burung satu ini cukup mudah, yaitu selalu membersihkan kandang, memberi pakan berkualitas, dan melakukan pemasteran dengan suara burung kicau lain untuk menjaga kualitas kicauan.

2. Burung Beo
Deretan Burung Kicau yang Dulunya Eksis Kini Terancam Punah dan Dilindungi


Burung yang bisa menirukan suara manusia satu ini juga terancam punah karena hilangnya habitat dari pertanian dan penebangan. Menurut IUCN, diperkirakan sekitar 52 jenis burung beo masuk dalam kategori terancam punah. Persebaran burung ini dapat ditemukan di daratan Sri Lanka, Himalaya, Filipina, India, Jawa, hingga Kepulauan Sunda Kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2431 seconds (0.1#10.140)