7 Fakta Menarik Rano Karno di Dunia Politik, Nomor 3 Gagal Jadi Cawagub DKI Jakarta 2007

Rabu, 28 Agustus 2024 - 06:00 WIB
Namun itu hanyalah rumor dan tidak terbukti kebenarannya. Rumor tersebut juga ditepis oleh kedua belah pihak.

3. Menjadi Wakil Bupati Tangerang

Setelah batal jadi Cawagub DKI Jakarta, Rano Karno kembali mendapat sorotan setelah ditetapkan sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tangerang di pengujung 2007.

Pada saat itu, Rano Karno diminta mendampingi Calon Bupati Ismet Iskandar pada Pilkada Tangerang 2008. Pasangan ini kemudian terpilih sebagai pemenang dan Rano menjadi Wakil Bupati Tangerang untuk periode 2008–2013.

4. Menjadi Wakil Gubernur Banten

Sebelum masa jabatan berakhir pada 2013, Rano Karno kembali mencalonkan diri menjadi Cawagub Banten mendampingi Ratu Atut Chosiyah. Mereka berdua kemudian sukses menjadi wajah pemimpin Banten yang baru berdasar perhitungan KPUD Banten pada 30 Oktober 2011.

Pasangan Atut-Rano Karno mengalahkan pasangan nomor urut 2 Wahidin Halim-Irna Narulita dan nomor urut 3 Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki.

5. Ditunjuk Jadi Plt Gubernur Banten

Pada 2014, Ratu Atut Chosiyah yang masih aktif menjabat sebagai Gubernur harus nonaktif setelah terlibat kasus suap pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dari situlah, Rano Karno ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjabat sebagai Plt Gubernur Banten menggantikan Ratu Atut Chosiyah.

6. Menjadi Anggota DPR

Setelah menjalankan tanggung jawabnya sebagai Gubernur Banten hingga 2017, nama Rano Karno sempat menghilang sementara dari panggung politik Indonesia. Sosoknya kembali muncul setelah berhasil menjadi anggota DPR Daerah Pemilihan Banten III untuk masa jabatan 2019–2024. Ini adalah kali pertama Rano Karno menduduki posisi di Legislatif.

7. Jadi Ketua TPD Ganjar-Mahfud

Menjelang Pemilu Presiden 2024 lalu, Rano Karno sempat ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Provinsi Banten.

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud telah menunjuk Elang Mangkubumi sebagai Ketua Tim Pemenangan di Banten. Namun, atas pertimbangan TPN, Rano Karno kemudian menggantikan Abah Elang sebagai penasihat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More