Ingin Keluar dari Pemerintah, Amien Tinggal Ngobrol ke Pengurus PAN

Jum'at, 03 November 2017 - 09:11 WIB
Ingin Keluar dari Pemerintah, Amien Tinggal Ngobrol ke Pengurus PAN
Ingin Keluar dari Pemerintah, Amien Tinggal Ngobrol ke Pengurus PAN
A A A
JAKARTA - Saran Amien Rais agar Partai Amanat Nasional (PAN) keluar dari koalisi partai politik (Parpol) pendukung pemerintah diminta disampaikan ke pengurus partai berlambang matahari bersinar itu.

"Pak Amien kalau mau PAN keluar dari Koalisi Jokowi-JK ya tinggal bicara sama pengurus PAN," ujar Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio kepada SINDOnews, Jumat (3/11/2017).

Hendri mengatakan, bahwa bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi), PAN juga mempunyai jasa yang besar. Pasalnya, PAN adalah partai pertama dari Koalisi Merah Putih (KMP) yang mendukung pemerintah. Gara-gara PAN mendukung pemerintah juga akhirnya KMP tutup buku.

"Tapi saran Amien ke PAN yang dilontarkan ke ranah publik justru menimbulkan pertanyaan lain, ini Pak Amien masih jadi bagian PAN atau tidak ya?" ucapnya.

Diketahui, Amien Rais tidak menampik pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menilai Partai Amanat Nasional (PAN) tidak etis menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Ketua Majelis Kehormatan PAN itu justru sepakat dengan penilaian Jusuf Kalla (JK). Bahkan, Amien menyarankan PAN hengkang dari koalisi partai politik pendukung Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menurut dia, PAN tidak perlu ikut menanggung beban sejarah pemerintah saat ini. "Sebaiknya PAN keluar karena akan jadi beban sejarah," ujar Amien Rais di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6387 seconds (0.1#10.140)