Mendikbud Akui Pelaksanaan UN Belum Sempurna

Selasa, 05 Mei 2015 - 15:03 WIB
Mendikbud Akui Pelaksanaan UN Belum Sempurna
Mendikbud Akui Pelaksanaan UN Belum Sempurna
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebuayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan secara umum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berjalan dengan baik meskipun masih ada kekurangan.

Tidak hanya pelaksanaan UN, mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengaku, penyediaan soal UN juga berjalan dengan lancar. "Kemudian apakah sempurna, belum sempurna," kata Anies usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (5/5/2015).

Dia membuka diri kepada masyarakat yang ingin melaporkan jika ada indikasi kebocoran saat UN. Menurutnya, laporan tersebut tidak akan didiamkan.

Anies mengaku, bahwa praktik curang kebocoran pelaksanaan UN sudah terjadi belasan tahun, maka tidak perlu didiamkan. "Karena itu saya minta kalau ada indikasi, laporkan. Ke Ombudsman atau Kemendikbud. Kita langsung follow up," imbuhnya.

Dilanjutkannya, pihaknya mempunyai cara untuk melakukan perbaikan yakni dengan memakai index integritas UN. Harapannya tahun depan pelaksanaan UN lebih baik dengan semakin banyak pihak yang melaporkan praktik kecurangan.

"Ini dipakai untuk memperbaiki supaya kalau ujian itu jujur. Selama ini kalau ada bocoran dan lain-lain itu, sekolahnya diam pura-pura enggak tahu, seakan-akan boleh. Kenapa jadi banyak, bukan karena bukan banyak pembocornya tapi karena orang baiknya diam dan mendiamkan," tegas Anies.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6111 seconds (0.1#10.140)