Pengacara Berharap Ricky Rizal Dituntut Bebas, Ini Pertimbangannya

Senin, 16 Januari 2023 - 07:50 WIB
loading...
Pengacara Berharap Ricky Rizal Dituntut Bebas, Ini Pertimbangannya
Terdakwa Ricky Rizal (kiri) saat menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (9/1/2023). FOTO/MPI/ADLHI CANDRA
A A A
JAKARTA - Tim pengacara Ricky Rizal Wibowo berharap Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut kliennya bebas hukuman dari dakwaan pembunuhan berencana Brigadir J. Kuasa hukum berdalih fakta persidangan mengungkapkan Ricky tidak terlibat dalam kasus tersebut.

"Ricky Rizal dan tim penasihat hukum Ricky Rizal berharap JPU menuntut Ricky Rizal bebas dari hukuman," kata pengacara Ricky Rizal, Erman Umar saat dihubungi, Senin (16/1/2033).

Erman berharap JPU dapat mempertimbangkan fakta persidangan dalam merumuskan surat tuntutan. Adapun fakta persidangan yang dicatat Erman adalah Ricky Rizal enggan mem-backup Ferdy Sambo dan menolak menembak Brigadir J.

Baca juga: Hari Ini, Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf Jalani Sidang Tuntutan

"Ricky Rizal tidak mengetahui pembicaraan antara Ferdy Sambo dengan Richard Eliezer (Bharada E) menyangkut Joshua (Brigadir J)," katanya.

Ricky Rizal juga diyakini tidak mengetahui rencana penembakan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Menurut Erman, Ricky ikut ke rumah dinas lantaran diminta Putri Chandrawati untuk mengantarnya guna isolasi mandiri.

"Setelah beberapa menit sampai di rumah dinas Duren Tiga, pada saat Ricky Rizal sedang berada di carpot mobil dan Joshua berada dekat taman, dipanggil Kuat Ma'ruf 'Om Ricky dan Om Joshua dipanggil bapak," kata Erman menirukan perkataan Kuat.

Erman menjelaskan, kliennya berjalan melalui dapur dan berada di posisi paling belakang. Saat itu Ricky melihat Brigadir J berada di dekat tangga menghadap ke Ferdy Sambo sejajar dengan Bharada E. Jarak Ricky dengan Bharada E, kata Erman, sekitar 2 meter.



"Ricky karena paling belakang masuk hanya mendengar Ferdy Sambo bilang ke Joshua 'jongkok-jongkok,' sementara Joshua jawab 'ada apa ini ada apa ini' sementara Richard Eliezer sudah siap dengan pistol langsung menembak 3 hingga 4 kali," kata Erman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)