Lima Tantangan Partai Politik Masa Kini

Kamis, 30 April 2015 - 08:16 WIB
Lima Tantangan Partai Politik Masa Kini
Lima Tantangan Partai Politik Masa Kini
A A A
PONTIANAK - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar Surabaya Romahurmuziy (Romi) melihat partai politik saat ini menghadapi banyak tantangan. Salah satunya tantangan kurangnya respons positif dari masyarakat terhadap politik dan partai politik.

Kondisi itu menurutnya harus disikapi oleh para politikus parpol untuk bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi yang sejatinya dibentuk untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat tersebut.

"Tantangan partai politik itu menurut saya ada lima salah satunya masyarakat tidak percaya pada politik dan parpol," ucap Romi saat ditemui di Pontianak Kalimantan Barat Kamis (30/4/2015).

Tantangan lain menurutnya adalah soal integritas. Hal ini terkait dengan individu di dalam parpol itu sendiri yang harus bisa menjaga marwah dari partai yang dipimpinnya.

"Soal kaderisasi juga jadi tantangan. Ada tidaknya kepengurusan yang melanjutkan kerja partai," jelas Romi.

Tantangan selanjutnya adalah kelembagaan, bagaimana partai dituntut bisa menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat. "Yang kelima itu deparpolisasi, sebuah tantangan besar dimana segala hal yang berbau parpol disingkirkan. Kita harus luruskan, lawan," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3392 seconds (0.1#10.140)