Lukas Enembe Sempat Transit dan Makan di Manado, Firli: Lahap Makannya

Kamis, 12 Januari 2023 - 01:39 WIB
loading...
Lukas Enembe Sempat Transit dan Makan di Manado, Firli: Lahap Makannya
Gubernur Papua Lukas Enembe dihadirkan saat konferensi pers yang digelar KPK di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (11/01/2023). Foto/MPI/Sutikno
A A A
JAKARTA - Gubernur Papua Lukas Enembe sempat transit di Manado, Sulawesi Utara saat dibawa tim Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) ke Jakarta. Pesawat transit untuk sekadar makan dan mengukur tensi darah Lukas Enembe.

"Jadi Pak Lukas bisa sampai ke Jakarta, kondisi seperti ini dan selama perjalanan kami didampingi oleh beberapa orang, baik putra daerah Papua juga kita minta didampingi," ujar Ketua KPK Firli Bahuri di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2023).

"Pak Lukas Enembe sampai Manado pun kita kasih makan. Lahap makannya," tambahnya.





Selain makan, Firli menerangkan bahwa tim dokter pun mengukur tensi darah Lukas Enembe untuk memastikan kondisi kesehatan yang bersangkutan. "Selanjutnya diukur tensinya, dan saya sertakan dokter dari Sulawesi Utara, satu dokter satu perawat lengkap dengan alat-alat kesehatan. Saya tidak tahu persis, apakah itu bantuan pernapasan atau apa tapi mereka bawa," katanya.

"Artinya apa, KPK sungguh-sungguh memperhatikan keselamatan yang ada jadi tanggung jawab KPK," pungkasnya.

Sekadar informasi, KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek pembangunan infrastruktur. Lukas ditetapkan sebagai tersangka bersama Bos PT Tabi Bangun Papua (PT TBP), Rijatono Lakka (RL).

Lukas ditetapkan sebagai tersangka penerima suap. Sedangkan Rijatono ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap. Lukas diduga menerima suap sebesar Rp1 miliar dari Rijatono.

Suap itu diberikan karena perusahaan Rijatono dimenangkan dalam sejumlah proyek pembangunan di Papua. Sedikitnya, ada tiga proyek di Papua bernilai miliaran rupiah yang dimenangkan perusahaan Rijatono Lakka untuk digarap.

Ketiga proyek tersebut yakni, proyek multi years peningkatan jalan Entrop-Hamadi dengan nilai proyek Rp14, 8 Miliar. Kemudian, proyek multi years rehab sarana dan prasarana penunjang PAUD Integrasi dengan nilai proyek Rp13,3 miliar. Selanjutnya, proyek multi years penataan lingkungan venue menembak outdoor AURI dengan nilai proyek Rp12,9 miliar.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)