Empat Ketua DPC Demokrat Somasi SBY

Selasa, 21 April 2015 - 17:32 WIB
Empat Ketua DPC Demokrat Somasi SBY
Empat Ketua DPC Demokrat Somasi SBY
A A A
JAKARTA - Riak-riak konflik muncul menjelang Kongres Partai Demokrat di Surabaya pada 8-10 Mei mendatang. Empat ketua DPC di Jawa Tengah melayangkan somasi terhadap Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelumnya, somasi terhadap SBY diajukan tiga Ketua DPC Partai Demokrat di Jawa Timur. (Baca: Syarif Nilai 3 Ketua DPC Jatim Ingin Ganggu Kongres)

Adapun empat Ketua DPC Partai Demokrat dari Jawa Tengah tersebut yakni Ketua DPC Purbalingga, Ketua DPC Kabupaten Semarang, Ketua DPC Batang, dan Ketua DPC Salatiga.

Kuasa hukum empat Ketua DPC Partai Demokrat di Jawa Tengah, Bambang Triono mengatakan telah melayangkan somasi kepada Ketua Umum Partai Demokrat.

Somasi itu dilayangkan olehnya lantaran keempat ketua DPC Partai Demokrat itu dicopot secara sepihak. Apalagi, kata dia, kliennya juga tidak menerima surat pemecatan.

Menurut dia, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan dan Sekjen Partai Denokrat Edhie Baskoro Yudhoyono telah meneken surat pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPC.

"Kami telah sampaikan somasi ke Ketua Umum Partai Demokrat meminta hak politik dan hak hukum dikembalikan karena telah terjadi salah prosedur dalam mencopot klien kami," kata Bambang saat konferensi pers di Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2015).

Bambang menambahkan, tujuan utama pengajuan somasi ini adalah meminta agar hak pilih kliennya dapat digunakan pada saat Kongres III Partai Demokrat pada Mei mendatang.

"Ini menjelang kongres. Yang punya hak suara adalah klien kami. Jika Plt (pelaksana tugas) yang ditunjuk Syarief Hasan dan Ibas mengikuti kongres maka suara mereka tidak sah," kata Bambang.

Bambang menegaskan, pihaknya memberikan waktu kepada Ketua Umum Partai Demokrat selama 3x24 jam untuk menanggapi somasi tersebut. "Jika tak ditanggapi, kami akan menempuh jalur hukum," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4867 seconds (0.1#10.140)