Sinyal PAN Merapat ke Pemerintahan Jokowi Menguat

Selasa, 21 April 2015 - 12:35 WIB
Sinyal PAN Merapat ke Pemerintahan Jokowi Menguat
Sinyal PAN Merapat ke Pemerintahan Jokowi Menguat
A A A
JAKARTA - Perubahan koalisi dalam pemerintahan lumrah, bisa saja terjadi di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Partai tidak mendukung sebelumnya bisa saja masuk barisan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). PAN dinilai sudah memberikan sinyal itu.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, bisa saja PAN bergabung dengan pemerintahan Jokowi. Pasalnya, dalam politik kemungkinan terjadi sangat terbuka.

"Karena politik itu dinamis dan tak ada yang tak mungkin, apa yang dilakukan PAN tersebut secara politik bisa saja merupakan sinyal pendekatan dan dukungan PAN terhadap pemerintah," kata Siti Zuhro saat dihubungi Sindonews, Selasa (21/4/2015)

PAN merupakan anggota Koalisi Merah Putih (KMP) yang mempunyai kekuatan dominan di Parlemen. Wiwieq sapaan Siti Zuhro mengatakan, pemerintahan Jokowi membutuhkan dukungan politik khususnya di Parlemen.

"Masalahnya, apakah dukungan PAN tersebut akan dilembagakan dalam bentuk bergabungnya PAN ke KIH atau sekadar dukungan di tataran pernyataan saja," tegasnya.

Seperti diketahui, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menghadiri Kongres PDIP di Bali, partai pengusung Jokowi-JK. Kemarin Ketua MPR menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Zulkifli mengundang Presiden Jokowi ke pelantikan pengurus DPP PAN dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Hotel Bidakara 6 Mei mendatang, jika tidak halangan Jokowi akan datang.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3455 seconds (0.1#10.140)