Faktor Tingginya Perhatian Publik terhadap Kongres IV PDIP

Senin, 13 April 2015 - 19:43 WIB
Faktor Tingginya Perhatian Publik terhadap Kongres IV PDIP
Faktor Tingginya Perhatian Publik terhadap Kongres IV PDIP
A A A
JAKARTA - Besarnya perhatian publik terhadap Kongres IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bali dibanding kongres sebelumnya dianggap wajar. Besarnya perhatian publik tersebut didasari partai berlambang kepala banteng itu sekarang menjadi partai penguasa dan partai pemenang Pemilu 2014.

Direktur Eksekutif Point Indonesia, Karel Susetyo mengatakan, perhatian publik semakin besar dengan pengukuhan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum partai setelah PDIP berhasil menjadikan kadernya sebagai Presiden Indonesia.

"Apa yang diputuskan secara strategis dalam kongres tersebut, akan memengaruhi pemerintahan ke depan. Misalnya pada isu penumpang gelap, jelas ini merupakan warning Megawati kepada Presiden Jokowi untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan roda pemerintahannya, agar tidak melenceng jauh dari Nawa Cita dan Trisakti Bung Karno," ujar Karel, Jakarta, Senin (13/4/2015).

Dia mengakui, sejumlah pihak berupaya menggunakan kesempatan Kongres IV PDIP untuk melemahkan posisi politik Megawati Soekarnoputri sekaligus menghadapkannya dengan Jokowi.

Upaya ini dianggapnya, sesuatu yang irasional, karena Jokowi adalah kader PDIP dan sedang menjalankan tugasnya sebagai presiden. Salah satu bentuk upaya ini dilakukan dengan memunculkan isu mendorong simpati publik kepada Jokowi.

"Jelas kongres kali ini adalah momen yang paling menyedot perhatian dan ditunggu oleh publik," tukasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1726 seconds (0.1#10.140)