Beri Peringatan ke AS Soal Taiwan, China Kirim Kapal Induk Dekati Guam

Jum'at, 30 Desember 2022 - 08:43 WIB
loading...
Beri Peringatan ke AS Soal Taiwan, China Kirim Kapal Induk Dekati Guam
China kirim armada kapal induk Liaoning ke dekat Guam sebagai peringatan kepada AS soal Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China mengirimkan peringatan tegas kepada Amerika Serikat (AS) yang kerap mengusik Beijing soal Taiwan dengan mengirimkan kapal perangnya ke Selat Taiwan. Sebagai balasan, China mengirimkan salah satu dari tiga kapal induknya ke dekat wilayah AS di Guam . Manuver China tersebut konfirmasi oleh Jepang.

Armada China, yang dipimpin oleh kapal induk Liaoning, telah memicu beberapa bentrokan dengan sekutu AS di wilayah tersebut dengan turnya di Pasifik barat, yang terakhir dengan melakukan sekitar 260 latihan lepas landas dan pendaratan di dekat pulau Jepang Okinawa, rumah bagi kehadiran militer utama AS di Asia.

Operasi tersebut mendorong angkatan udara Jepang untuk mengacak jet tempur dan helikopter, serta sebuah kapal perusak dan elemen lain dari pasukan pertahanan dirinya.

Para pejabat Jepang pada Kamis mengkonfirmasi bahwa kapal-kapal China telah transit ke selatan, dekat tepi barat wilayah yang diklaim AS sebagai bagian dari pulau terpencil Guam – sebuah elemen penting dari kemampuan Amerika untuk memproyeksikan kekuatan militer di wilayah tersebut sebagai sebuah titik pemberhentian dan pangkalan untuk pembom strategis Angkatan Udara dan kapal selam Angkatan Laut.

MediaChina membingkai pengerahan itu sebagai provokasi terang-terangan ke AS dan peringatan terhadap perilaku berkelanjutan tahun ini yang telah membuat Beijing marah.

"Operasi tersebut menunjukkan bahwa kapal induk China siap untuk membela negara terhadap potensi serangan AS yang diluncurkan dari sana, termasuk upaya campur tangan militer atas masalah Taiwan,” menurut sebuah artikel dari Global Times berbahasa Inggris, mengutip analis China, seperti dikutip dari US News, Jumat (30/12/2022).



China dan AS bersitegang terkait Taiwan, entitas yang kemerdekaannya akan mempermalukan Partai Komunis China, yang menganggap kontrol atas negara pulau itu penting untuk legitimasinya.

China tampaknya tidak dapat melupakan apa yang dianggapnya sebagai sikap diplomatik yang tidak dapat dimaafkan terkait kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada bulan Agustus lalu.

The Global Times merujuknya dengan jelas dalam analisisnya tentang penyebaran terbaru Liaoning.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)