Kontroversi Jumlah Gol yang Dicetak Pele di Sepanjang Kariernya

Jum'at, 30 Desember 2022 - 08:38 WIB
loading...
Kontroversi Jumlah Gol yang Dicetak Pele di Sepanjang Kariernya
Kontroversi Jumlah Gol yang Dicetak Pele di Sepanjang Kariernya/The Sun
A A A
Pele bisa dibilang sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa tetapi jumlah golnya selalu kontroversial. Ada banyak perdebatan selama bertahun-tahun tentang berapa banyak gol yang dicetak pemain bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu sepanjang kariernya.

Pada tahun 2015, Pele memposting tweet yang mengklaim bahwa ia telah mencetak 1.283 gol selama kariernya yang termasyhur.
Dan itu menempatkannya di puncak dalam sejarah sepak bola sebagai pencetak gol terhebat yang pernah ada di muka bumi.



Namun, Guinness World Records telah menghapus empat gol dari penghitungan itu karena mereka yakin Pele mencetak 1.279 gol.
Sedangkan RSSSF mencatat jumlah gol superstar Brasil itu bahkan lebih sedikit - 778 gol.

Yang benar adalah bahwa Pele mencetak 778 gol dalam kompetisi resmi, tetapi jumlah yang meningkat berasal dari pertandingan persahabatan dan tur Eropa dengan tim Brasil, Santos. Pele juga dilaporkan menghitung pertandingan yang ia mainkan untuk Sixth Coast Guard dalam kompetisi militer melawan non-profesional.

Dijuluki The King, Pele memenangkan tiga Piala Dunia bersama Brasil antara tahun 1958 dan 1970, satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola yang mencapai prestasi tersebut. Torehan menakjubkannya berupa 1.279 gol dalam 1.363 pertandingan, termasuk pertandingan persahabatan, diakui sebagai Rekor Dunia Guinness.

Dia melakukan debut untuk tim lokal, Santos, pada usia 15 tahun dan kemudian memenangkan caps pertamanya untuk tim nasional Brasil pada usia 16 tahun. Dia memenangkan Piala Dunia pada tahun 1958 saat berusia 17 tahun, dan kemudian memenangkannya lagi pada tahun 1962 dan 1970.

Superstar Amerika Selatan ini mencetak 643 gol dalam 659 penampilan untuk klub Santos selama 18 tahun. Dia juga bermain untuk New York Cosmos dan pensiun pada tahun 1977, dalam pertandingan eksibisi antara Cosmos dan Santos.



Pada tahun 1992, setelah karier bermainnya, ia ditunjuk sebagai duta PBB untuk ekologi dan lingkungan. Tiga tahun kemudian, ia kemudian diangkat menjadi Menteri Luar Biasa Brasil untuk Olahraga oleh presiden Fernando Henrique Cardoso.

Dia adalah subjek dari acara Netflix yang terkenal yang memetakan kehidupannya dari kemiskinan masa kanak-kanak hingga pemenang Piala Dunia 1970.

Pele meninggalkan istri ketiganya, Marcia Aoki dan enam orang anak. Dia mencetak 77 gol yang luar biasa dalam 92 pertandingan untuk tim nasional - rekor yang disamai oleh Neymar di Piala Dunia baru-baru ini.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)