Posisi SBY Belum Sepenuhnya Aman di Kongres Demokrat

Rabu, 25 Maret 2015 - 08:09 WIB
Posisi SBY Belum Sepenuhnya Aman di Kongres Demokrat
Posisi SBY Belum Sepenuhnya Aman di Kongres Demokrat
A A A
JAKARTA - Rencana Kongres Partai Demokrat pada April 2015 mendatang menjadi momentum politik bagi partai pemenang Pemilu 2009 itu untuk mengkonstruksi ulang tatanan kepengurusan. Pasalnya, Demokrat kalah telak di Pemilu 2014 lalu.

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Muradi mengatakan, langkah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengambil alih kepemimpinan partai dari Anas Urbaningrum ke dalam genggaman politiknya juga tidak cukup menolong Demokrat untuk setidaknya berada dalam tiga besar pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

"Bahkan Demokrat tergeser oleh Gerindra, partai pimpinan Prabowo Subianto," ujarnya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (25/3/2015).

Menurutnya, harus diakui bahwa magnet politik SBY masih kuat di Demokrat. Sehingga, figur presiden keenam Indonesia itu masih dibutuhkan partai yang memang sedari awal didirikan untuk kendaraan politik SBY.

"Sehingga menjadi signifikan keberadaan SBY agar partai tersebut tetap eksis dalan kancah kepolitikan nasional," ucapnya.

Kendati demikian, posisi SBY di Partai Demokrat dinilai tak sepenuhnya aman. Bukan tidak mungkin keinginan SBY untuk kembali menduduki posisi ketua umum Demokrat digoyang kader lainnya.

"Karena ada sejumlah kader yang melihat bahwa Partai Demokrat harus move on dan berbasis pada kekuatan ideologi partai, bukan figur semata," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0349 seconds (0.1#10.140)