Sidang Dibuka, Peta Politik di DPR Diprediksi Kembali Riuh

Sabtu, 21 Maret 2015 - 20:12 WIB
Sidang Dibuka, Peta Politik di DPR Diprediksi Kembali Riuh
Sidang Dibuka, Peta Politik di DPR Diprediksi Kembali Riuh
A A A
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan kembali membuka masa sidang baru setelah seluruh anggota dewan menjalani masa reses. Sidang rencananya bakal dimulai pada Senin 23 Maret 2015 mendatang.

Pengamat dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Perludem) Sebastian Salang memprediksi peta politik di Senayan kembali riuh saat masa sidang kembali dibuka.

Sebabnya, agenda yang bakal dibahas anggota dewan erat kaitan dengan kepentingan politik antara partai pendukung yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dengan Koalisi penyeimbang yang digagas Koalisi Merah Putih (KMP).

"Muncul kembali pengelompokkan politik itu didorong koalisi kemaren yang sudah meredup, dihidupkan kembali," kata Salang, usai diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/3/2015).

Sejumlah agenda yang akan dibahas para wakil rakyat seperti Hak Angket Menkumam Yasonna Laoly, penunjukan Plt Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri, dan Plt KPK.

Menurut Salang, tiga agenda itu yang diprediksi akan membentuk blok kekuatan politik di parlemen. Indikasinya, kata dia, pecahnya faksi kekuatan partai politik seperti yang dialami partai Golkar dan PPP.

Dua partai itu menurut Salang, berpotensi memicu konflik di DPR karena adanya kepengurusan ganda. Belum lagi sikap berbeda yang ditunjukan Partai PAN menyikapi hak angket Menkumham.

Kendati PAN merupakan anggota KMP, garis politik yang sekarang digawangi Ketua MPR Zulkifli Hasan dianggap telah berseberangan.

"Dugaan saya masa sidang ketiga ini agak ramai, kita lihat pembukaan akan banyak interupsi," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8832 seconds (0.1#10.140)