BW Bilang Indonesia Darurat Korupsi

Kamis, 19 Maret 2015 - 07:10 WIB
BW Bilang Indonesia Darurat Korupsi
BW Bilang Indonesia Darurat Korupsi
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Bambang Widjojanto mengungkapkan saat ini Indonesia dalam kondisi darurat korupsi. Akibat praktik korupsi, banyak rakyat indonesia yang hidup dalam kemiskinan.

Pria yang biasa disapa BW ini menjelaskan saat ini sebanyak 60 juta lahan hutan Indonesia telah hilang dan hanya tersisa 120 juta hektare. Namun ternyata sebanyak 28,7 juta orang masuk dalam kategori miskin.

Dia menjelaskan Indonesia adalah negara dengan nomor dua garis terpanjang pantainya dan berbatasan dengan 10 negara.

Namun dengan adanya perubahan iklim membuat pemanasan titik air laut meningkat dan menyebabkan jumlah pulau menurun. Dari 17 ribu pulau turun menjadi 14 ribu.

"Bahkan hanya 9 ribu yang punya nama. Yang menikmati bukan orang Indonesia. Kerugian Rp300 triliun dari laut kita diambil makanya KPK sudah punya program Save Our Sea (SOS), isu sentral korupsi," tutur BW dalam Diskusi Publik Selamatkan Negara Darurat Korupsi di Kampus UI, Depok, Rabu 18 Maret 2015 malam.

BW menjelaskan saat ini Indonesia mengalami darurat korupsi. "Oligarki politik bersekutu dengan kartel menguasai sumber daya. Selesai sekolah para mahasiswa jadi agen perkuat oligarki kartel dan darurat korupsi," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4069 seconds (0.1#10.140)