Batam Jadi Tuan Rumah Pertemuan Perguruan Tinggi Swasta

Selasa, 10 Maret 2015 - 03:29 WIB
Batam Jadi Tuan Rumah Pertemuan Perguruan Tinggi Swasta
Batam Jadi Tuan Rumah Pertemuan Perguruan Tinggi Swasta
A A A
BATAM - Batam menjadi tuan rumah rapat pleno pengurus pusat Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) di Swiss Belhotel Harbour Bay pada 1 April mendatang.

Ketua Aptisi Wilayah X-D Kepri Mustaqim mengatakan, pertemuan tingkat nasional itu akan dihadiri seluruh anggota Aptisi dari 33 provinsi dan rektor dari perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Edy Suandi Hamid yang juga Ketua Umum Aptisi dipastikan hadir dalam perhelatan tersebut.

Rapat pleno juga akan dihadiri Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir dan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani.

"Di rapat pengurus pusat itu kami akan mengambil beberapa kebijakan yang strategis," ujar Mustaqim bersama sejumlah anggota Aptisi Kepri saat roadshow media ke kantor Koran SINDO Batam, Senin 9 Maret 2015.

Dalam rapat pleno di Batam nanti, Mustaqim menjelaskan ada dua agenda utama yang akan dilaksanakan. Selain mengadakan dan memutuskan lokasi rapat pleno selanjutnya, juga akan digelar pelantikan pengurus Aptisi tingkat nasional.

"Gubenur Kepri juga akan menyampaikan orasi. Lalu ada bapak Menristek lalu Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani serta Dirjen-Dirjen Kementerian terkait," ujarnya.

Berdasarkan catatan Mustaqim, saat ini terdapat 34 perguruan tinggi swasta (PTS) di Kepri yang secara otomatis tergabung dalam Aptisi.

Rinciannya, sebanyak 23 PTS di Batam, sembilan di Tanjungpinang, dua di Lingga, satu di Natuna.

Rektor STIE Ibnu Sina ini menjelaskan terpilihnya Batam menjadi lokasi rapat pleno Aptisi berdasarkan atas hasil rapat di Bandung akhir Oktober 2014.

Meski baru terbentuk sejak 2011, Mustaqim mengungkapkan Aptisi Kepri sudah aktif mendorong peningkatan kualitas PTS melalui pelatihan penyusunan instrumen penjaminan mutu internal sebagai bagian dari proses akreditasi di Batam.

Aptisi juga sudah dideklarasikan sebagai lembaga akreditasi mandiri perguruan tinggi (LAM-PT) yang didapat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Pengurus Aptisi Kepri M Gita Indrawan yang juga Wakil Rektor Universitas Putera Batam (UPB) mengharapkan rapat pleno di Batam dapat meningkatkan peran perguruan tinggi terutama akademisi untuk memberi kontribusi ide dan kajian ilmiah bagi Kepri.

Pimpinan Umum Koran SINDO Batam Yohannes mengapresiasi program media roadshow Aptisi. Menurut dia, peran perguruan tinggi termasuk akademisi sangat penting untuk memberi masukan, baik dari segi pemberitaan maupun jurnal ilmiah demi kemajuan Kepri.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6622 seconds (0.1#10.140)