Ukraina Waspada Digempur Militer Rusia dari Wilayah Belarusia

Senin, 19 Desember 2022 - 10:57 WIB
loading...
Ukraina Waspada Digempur Militer Rusia dari Wilayah Belarusia
Militer Ukraina waspadai taktik baru serangan Rusia, termasuk jika serangan itu dilakukan dari wilayah Belarusia. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Militer Ukraina mewaspadai taktik baru serangan militer Moskow setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menyambangi Belarusia pada Minggu malam.

Kiev siap hadapi serangan baru, termasuk jika itu dilakukan pasukan Moskow dari wilayah Belarusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan melindungi perbatasan negara adalah prioritas konstan dan Kiev siap untuk semua kemungkinan skenario serangan Rusia dan sekutunya; Belarusia, yang telah diperingatkan Kiev dapat diseret dalam perang yang sudah berjalan 10 bulan.

Zelensky, dalam pidato video malamnya kepada rakyat Ukraina, juga mengeluarkan seruan baru kepada negara-negara Barat untuk memberi Kiev sistem pertahanan udara yang lebih baik sebagai salah satu langkah paling kuat untuk menghentikan invasi Rusia.



Pada Senin pagi (19/12/2022), peringatan serangan udara kembali terdengar di Kiev dan Ukraina timur, di mana video ledakan dan respons sistem pertahanan udara telah dibagikan di media sosial.

"Melindungi perbatasan kami, baik dengan Rusia dan Belarusia, adalah prioritas konstan kami," kata Zelensky setelah pertemuan pada hari Minggu dengan komando militer utama Ukraina.

"Kami sedang mempersiapkan semua kemungkinan skenario pertahanan."

Zelensky berbicara pada malam kunjungan Putin ke Belarusia di tengah diskusi tentang kemungkinan serangan baru Rusia dan serangan baru itu bisa saja berasal dari wilayah Belarusia.

Pejabat di Kiev telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa Belarusia dapat bergabung dengan pasukan Rusia dan berfungsi sebagai landasan peluncuran serangan baru untuk membentuk front kedua dalam perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)