Satwa Dilindungi Ngamuk Serang Warga di Kabupaten Limapuluh Kota

Jum'at, 16 Desember 2022 - 14:38 WIB
loading...
Satwa Dilindungi Ngamuk Serang Warga di Kabupaten Limapuluh Kota
Seekor Owa Siamang peliharaan di Jorong Sialang, Nagari Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, menyerang warga Simpang Ampek, Pasaman Barat. Foto/MPI/Jefly Oktari
A A A
LIMAPULUH KOTA - Seorang warga di Jorong Sialang, Nagari Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, nekat memelihara Owa Siamang. Satwa dilindungi tersebut, akhirnya mengamuk dan menyerang warga Simpang Ampek, Pasaman Barat.



Melihat satwa dilindungi yang dipeliharanya mengamuk dan menyerang warga, pemilik satwa dilindungi tersebut, akhirnya menyerahkan peliharaannya itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.



Kepala BKSDA Sumatera Barat, Ardi Andono mengatakan, karena sudah kewalahan memelihara Owa Siamang yang merupakan satwa dilindungi, akhirnya pemilik satwa itu menyerahkannya ke BKSDA.



"Dari hasil observasi, diketahui Owa Siamang ini berkelamin jantan, berusia lima tahun. Di tubuh satwa dilindungi tersebut, tidak ditemukan cacat atau luka serta kelainan fisik. Selanjutnya satwa dilindungi itu, dievakuasi ke kandang TTS Resor Konservasi Wilayah III Harau," ujar Ardi Andono, Jumat (16/12/2022).

Dia menyebutkan, penyerahan satwa dilindungi tersebut, dilakukan pada Rabu (7/12/2022), melalui Resor Konservasi Wilayah III Harau. Satwa dilindungi dan langka itu diserahkan oleh Fely Erizal, yang telah memelihara satwa dilindungi itu.

"Melalui pendekatan edukasi tentang konservasi satwa liar, dan peraturan perundangan yang mengaturnya, termasuk dampak bahaya penyakit yang dapat disebarkan dari satwa dilindungi itu kepada manusia ketika memeliharanya. Akhirnya satwa dilindungi tersebut diserahkan oleh pemilik kepada petugas BKSDA," kata Ardi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2513 seconds (0.1#10.140)