Agama Warga Negara Brazil dan Persentasenya

Selasa, 13 Desember 2022 - 01:30 WIB
loading...
Agama Warga Negara Brazil dan Persentasenya
Agama Warga Negara Brazil dan Persentasenya.
A A A
JAKARTA - Brazil merupakan salah satu negara yang terletak di Amerika Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Argentina, Uruguay, dan Peru.

Saat ini, Brazil menganut sistem pemerintahan Presidensial. Jair Bolsonaro merupakan presiden yang menjabat sejak 2019.



Brazil merupakan negara yang terkenal dengan sepakbolanya. Banyak pemain kebangsaan Brazil yang bermain di liga top dunia, seperti Neymar, Vinicius Jr., Casemiro, dan masih banyak lagi.

Brazil berada di urutan ketujuh sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia. Dilansir dari CEIC, populasi Brazil dilaporkan sebesar 213,3 juta jiwa. Angka ini merupakan yang terbanyak di benua Amerika Selatan.

Bahasa resmi Brazil adalah bahasa Portugis. Hal ini disebabkan Brazil merupakan bekas jajahan Portugis dan merdeka pada 7 September 1822.

Brazil merupakan tempat melebur dan bersatunya berbagai suku bangsa. Peleburan ini tercipta dari perkawinan antar etnis asli dan pendatang. Ras Eropa menjadi yang paling banyak di Brazil dengan jumlah 50,2%, lalu Ras Campuran yang berjumlah 38%, Afrika sebanyak 6,4%, Asia sebanyak 5,6%, dan Indian-Amerika sebanyak 0,41%.



Agama Katolik Roma merupakan agama yang paling banyak dianut warga Brazil dengan persentase 74% atau sekitar 157,8 juta jiwa. Protestan menjadi agama kedua yang paling banyak dianut warga Brazil dengan persentase 15,4% atau sekitar 32,8 juta jiwa. Tidak heran jika Brazil menjadi negara dengan penganut Katolik terbanyak di dunia.

Sedangkan penganut agama Islam di Brazil berjumlah 0,01% atau sekitar 28 ribu orang. Terdapat juga agama lainnya seperti Yahudi, Buddhisme, Shinto, serta beberapa agama tradisional.

Brazil merupakan salah satu negara bekas jajahan Portugis. Karena itulah mayoritas penduduk Brazil menganut agama Katolik. Mereka juga merupakan satu-satunya negara di Amerika Selatan yang menggunakan bahasa Portugis di Tengah negara-negara yang menggunakan bahasa Spanyol.

MG/Ari Achmad Dhani
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)