UN Online Berlaku Tahun Ini

Selasa, 06 Januari 2015 - 12:42 WIB
UN Online Berlaku Tahun Ini
UN Online Berlaku Tahun Ini
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan melakukan ujian nasional (UN) online tahun ini. Meskipun UN sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan namun UN online akan berguna sebagai UN ulangan.

Kepala Pusat Penilaian dan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik Kemendikbud) Nizam Zaman mengatakan, Kemendikbud akan melakukan computer based test (CBT) atau UN online yang akan berlaku tahun ini.

Dia menjelaskan, dengan penetapan UN sebagai pemetaan dan tidak untuk kelulusan berarti tidak ada yang tidak lulus sekolah karena UN. "Kelulusan ditentukan oleh sekolah masing-masing. Kalau tidak lulus, ya tetap tinggal kelas," katanya di Jakarta, 5 Januari 2015.

Dia menyampaikan, melalui UN online siswa yang berminat memperbaiki nilai UN bisa ikut UN online tersebut. Dia menambahkan, dengan CBT, nantinya ujian dapat dilakukan beberapa kali dalam satu tahun.

Sehingga siswa yang belum mencapai standar kompetensi dapat melakukan perbaikan bila menghendaki. Persyaratannya, lanjut Nizam, sama dengan UN biasa namun sekolah yang menyelenggarakan UN online wajib mempunyai sarana prasarana yang mumpuni.

Guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu memperkirakan jumlah siswa yang akan
menyelenggarakan ujian akhir berbasis online itu mencapai 500.000 siswa. Rinciannya adalah 50.000 hingga 100.000 siswa dari SMA dan 400.000 siswa SMK.

Nizam mengungkapkan, SMK yang ditunjuk menyelenggarakan ujian akhir berbasis online adalah SMK Pembina atau SMK unggulan.

"Siswa yang mengerjakan ujian secara online, tidak mendapat kertas ujian lagi. Mereka mengerjakannya pakai komputer dan mouse. Panitia sudah mengumpulkan bank data butir soal ujian untuk dikerjakan siswa secara online. Nilai yang didapat peserta ujian langsud di-record panitia tanpa repot-repot memindai LJK (lembar jawaban computer),” ungkapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9964 seconds (0.1#10.140)