Mayoritas Parpol Besar Akan Dipimpin Wajah Lama

Sabtu, 27 Desember 2014 - 21:06 WIB
Mayoritas Parpol Besar Akan Dipimpin Wajah Lama
Mayoritas Parpol Besar Akan Dipimpin Wajah Lama
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar kongres pada 2015 untuk memilih kepengurusan baru untuk lima tahun ke depan.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diprediksi kembali memimpin Partai Demokrat, begitu juga PAN yang kemungkinan besar kembali dipimpin Hatta Rajasa.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago memprediksi mayoritas parpol besar akan kembali dipimpin ketua umum sebelumnya.

Dia menyebut ada beberapa parpol yang tetap mempercayakan posisi ketua umum (ketum) kepada pemimpin sebelumnya.

"Kemungkinan Aburizal Bakrie terpilih lagi (jadi ketua umum) apabila disahkan oleh Kemenkumham," kata Pangi kepada Sindonews di Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

Adapun untuk Ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dia mengatakan trah Soekarno tidak akan tergantikan. Menurut dia, Megawati Soekarnoputri tetap aman di posisinya sekarang.

Sementara Gerindra, lanjut dia, Ketua Umum sekaligus Dewan Pembina sekarang Prabowo Subianto dianggap masih difavoritkan untuk menahkodai partai berlambang burung garuda tersebut.

PKS sebagai mitra koalisi Gerindra, disebutnya akan tetap memercayakan Anis Matta menjadi Ketum Partai.

"Nasdem sepertinya akan berlanjut pada (kepemimpinan) Surya Paloh, Hanura kemungkinan tetap sosok Wiranto yang belum bisa tergantikan," ujarnya.

Dia mengatakan, apabila prediksinya tepat maka itu membuktikan tersendatnya proses kaderisasi dalam parpol.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5276 seconds (0.1#10.140)