2015, Tahun Unjuk Kekuatan Dua Kubu Politik

Jum'at, 26 Desember 2014 - 19:51 WIB
2015, Tahun Unjuk Kekuatan Dua Kubu Politik
2015, Tahun Unjuk Kekuatan Dua Kubu Politik
A A A
JAKARTA - Situasi politik di Tanah Air diprediksi akan terus dinamis pada tahun 2015. Dua kekuatan politik akan berusaha untuk menunjukkan kekuatannya.

Pertarungan politik antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang merupakan partai pendukung pemerintah dan partai politik Koalisi Merah Putih (KMP) masih akan terjadi di DPR.

"Antara eksekutif dan legislatif masih akan show of force (unjuk kekuatan) pada 2015," ujar pengamat politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Idil Akbar, Jumat (26/12/2014).

Idil juga meyakini KMP akan terus eksis di parlemen. Kendati begitu, dia tidak menampik kemungkinan adanya upaya menggoyang kekuatan koalisi penyeimbang pemerintah itu.

Dia mencontohkan perpecahan yang dialami partai politik (parpol) anggota KMP, yakni Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Beberapa parpol lain seperti Demokrat juga akan menunjukkan dinamikanya, meski bisa jadi tidak akan sekompleks PPP dan Golkar," tuturnya.

Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN) adakab anggota KMP yang akan menggelar kongres pada tahun. Pada kongres nanti, kedua partai akan memilih ketua umum baru.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengaku ada beberapa hal yang bisa menjadi persoalan politik pada tahun 2015.

"Seperti penggunaan dana kelebihan subsidi BBM yang pemerintah telah gunakan terlebih dulu dan tidak ada konsultasi dengan DPR. Tentunya DPR akan tanyakan itu," ujar Muzani.

Kendati begitu, dia berharap situasi politik pada tahun depan akan lebih kondusif. Apalagi ada beberapa perbedaan pendapat antara KMP dan KIH yang sudah terselesaikan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5468 seconds (0.1#10.140)