Tak Terganti, Megawati Bakal Kembali Pimpin PDIP

Selasa, 23 Desember 2014 - 04:32 WIB
Tak Terganti, Megawati Bakal Kembali Pimpin PDIP
Tak Terganti, Megawati Bakal Kembali Pimpin PDIP
A A A
JAKARTA - Nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut dalam sebuah survei layak menjadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menggantikan posisi Megawati Soekarnoputri.

Namun hal itu dibantah oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Menurutnya, Jokowi telah menyampaikan soal kepemimpinan di PDIP, mendukung Megawati kembali menjadi Ketua Umum PDIP 2015-2020.

Hal itu sesuai objektivitas kader partai, di mana Megawati dianggap berhasil menjadi figur yang membangun partai di masa sulit dan setia pada ideologi.

"Berkat Ibu Mega sukses antarkan PDIP jadi pemenang pemilu 2014. Dan menjadikan Jokowi pengejawantahan rakyat," ungkapnya di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin 22 Desember 2014.

Hasto menambahkan, nanti saat Kongres keempat di Bali hanya tinggal mengukuhkan kepemimpinan Megawati sesuai dengan spirit seluruh kader.

"Tak ada persoalan regenerasi, di DPR dan eksekutif banyak kader kami. Kondisi partai perlu negarawan seperti Ibu Mega. Presiden Jokowi dan Wapres JK (Jusuf Kalla) perlu sosok yang memegang prinsip ideologi," ucapnya.

"Sebagai proses wujudkan politik bedasarkan demokrasi Pancasila. Jokowi kan kader potensial justru ditempatkan sebagai presiden lewat surat mandat Bu Mega," imbuhnya.

Hasto menegaskan, alasan terpilihnya kembali Megawati sebagai Ketua Umum PDIP periode selanjutnya, tercermin dari suasana kebatinan kader partai
dan aspirasi arus bawah.

"Sosok Ibu Mega tak tergantikan. Kader pun memberi kesempatan Ibu Mega lanjutkan konsolidasi, rekrutmen dimulai dari bawah, kecamatan, kota, provinsi betul-betul disaring sosok kader partai di tengah rakyat, melalui wawancara dan pemahaman mereka soal kepartaian," jelasnya.

Dengan begitu Hasto mengklaim bahwa suara kader partai tak akan pecah seperti kader partai lainnya.

"Aspirasi Pak Jokowi dan DPC juga DPD. Kami dulu saat di luar pemerintahan saja solid, apalagi di dalam pemerintahan sangat solid," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5857 seconds (0.1#10.140)