Dampak Hujan Lebat, 8 Provinsi Ini Bersatus Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologi

Senin, 14 November 2022 - 05:06 WIB
loading...
Dampak Hujan Lebat, 8 Provinsi Ini Bersatus Siaga Potensi Bencana Hidrometeorologi
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Senin (14/11/2022). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Senin (14/11/2022). Sehingga menyebabkan sebagian wilayah di 8 provinsi berstatus siaga bencana hidrometrologi .

Prakirawan BMKG Cindy Indah Pratiwi mengatakan terjadi sirkulasi siklonik di wilayah barat hingga timur Indonesia yang menimbulkan produksi awan-awan hujan. Baca juga: La Nina Mengancam, Cuaca Ekstrem Kepung Jabar

"Sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Aceh, Samudera Hindia Barat Lampung, di laut Jawa, di Selat Makassar, di perairan Utara Papua dari Papua yang membentuk daerah pertemuan atau pelambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Laut Andaman hingga pesisir utara Aceh, di Kalimantan Selatan hingga pesisir utara Jawa, di laut Sulawesi hingga Selat Makassar, di Papua hingga Laut Arafuru bagian utara dan di perairan utara Papua," ujar Cindy membacakan prakiraan yang diunggah di Instagram BMKG @infobmkgdikutip MNC Portal, Minggu (13/11/2022).

Dari prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat, Cindy menjelaskan bahwa telah ditetapkan status siaga bencana hidrometeorologi pada hari Minggu (13/11/2024) di sebagian wilayah Indonesia yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cindy menambahkan status siaga bencana hidrometeorologi juga telah ditetapkan pada tanggal 14 dan 15 November di sebagian wilayah di delapan provinsi di Indonesia.

"Selanjutnya untuk tanggal 14 dan 15 November 2022 status siaga potensi bencana hidrometeorologi terdapat di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur," tutup Cindy.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)