IPW: Komjen Budi Gunawan Kandidat Kuat Kapolri

Kamis, 18 Desember 2014 - 06:07 WIB
IPW: Komjen Budi Gunawan Kandidat Kuat Kapolri
IPW: Komjen Budi Gunawan Kandidat Kuat Kapolri
A A A
JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) meyakini Komjen Pol Budi Gunawan akan menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Jenderal Pol Sutarman sebagai Kapolri.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, Budi Gunawan merupakan salah satu senior Akpol angkatan 83 yang memiliki pangkat Komjen. Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) ini dinilai unggul dari sisi senioritas di kepolisian.

“Jika dilihat dari senioritas dan faktor politis bisa dipastikan Komjen Budi Gunawan sebagai calon kuat Kapolri menggantikan Sutarman,” ujar dia ketika dihubungi SINDO, Rabu 17 Desember 2014.

Keuntungan politis itu dimiliki Budi Gunawan karena pernah menjadi mantan ajudan Megawati Soekarnoputri saat menjadi Presiden.

"Kedekatannya dengan Megawati bisa menjadi keuntungan. Minimal rekam jejak dan karakternya sudah diketahui, karena pernah menjadi ajudan Megawati," ucapnya.

Dari jejak rekamnya, kata Neta, Budi Gunawan tergolong sebagai pati intelektual yang memiliki pemikiran dan inovasi serta banyak membuat konsep pembenahan Polri. Pernah dua kali menjadi Kapolda, di Jambi dan Bali.

Perlu diketahui, Jenderal Pol Sutarman yang merupakan Akpol angkatan 81 sudah menjadi Kapolri, kemudian Komjen Pol Badroddin Haiti Akpol angkatan 82 juga sudah menjadi Wakapolri. Kini giliran Komjen Budi Gunawan, Akpol angkatan 83 yang diyakini akan menjabat sebagai Kapolri.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4490 seconds (0.1#10.140)