Jokowi Dukung Prabowo di HUT ke-8 Partai Perindo, Pengamat Sebut Bukan Basa-basi

Rabu, 09 November 2022 - 12:39 WIB
loading...
Jokowi Dukung Prabowo di HUT ke-8 Partai Perindo, Pengamat Sebut Bukan Basa-basi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-8 Partai Perindo di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Senin (7/11/2022). FOTO/MPI/ALDHI CHANDRA
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam menilai pernyataan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) yang mendukung Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada 2024 bukan basa-basi. Menurutnya, Jokowi sudah menghitung efeknya karena apabila hanya basa-basi, maka pernyataan itu justru bakal memicu sentimen negatif ke dirinya sendiri.

Khoirul mengungkapkan ungkapan Jokowi tersebut juga dapat menjadi sinyal akan bergabungnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke dalam koalisi Partai Gerindra-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Itu bisa dimaknai sebagai menguatnya sinyal politik bagi merapatnya PDIP ke koalisi Gerindra-PKB. Apalagi, statement dukungan Jokowi ke Prabowo ini telah terjadi secara beruntun," ucapnya, Selasa (8/11/2022).



Setidaknya sudah dua kali Jokowi menyatakan dukungannya kepada Prabowo dalam menghadapi 2024. Masing-masing disampaikan saat menghadiri Indo Defence 2022 Expo & Forum serta HUT Partai Perindo.

Khoirul melanjutkan, potensi merapatnya PDIP ke dalam poros Gerindra-PKB itu terbangun apabila pernyataan Jokowi selaras dengan agenda partainya. Ia menilai mantan Gubernur DKI Jakarta ini termasuk politikus yang disiplin dalam berkomentar serta tak bertentangan dengan garis kebijakan dan strategi PDIP.

"Artinya, jika statement dukungan Jokowi kepada Prabowo sudah dilakukan dua kali secara berturut-turut, maka hal itu sebenarnya bisa dimaknai sebagai cerminan positioning sikap politik PDIP per hari ini," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostategic) ini.

Baca juga: Politikus PDIP Sebut Kalimat Dukungan Jokowi untuk Prabowo Bukan Basa Basi
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)