Menhan Sebut Terorisme & Wabah Penyakit Musuh Utama

Selasa, 09 Desember 2014 - 19:11 WIB
Menhan Sebut Terorisme & Wabah Penyakit Musuh Utama
Menhan Sebut Terorisme & Wabah Penyakit Musuh Utama
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengungkapkan, terorisme dan wabah penyakit merupakan dua bentuk ancaman pertahanan yang tengah menghantui dunia.

Guna menanggulangi potensi ancaman itu, prajurit TNI dituntut mampu meningkatkan kemampuan diplomasi militer dengan negara sahabat.

"Kita harus bersahabat dengan seluruh negara," kata Ryamizard di Markas Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (9/12/2014).

"Karena musuh kita yang utama adalah teroris, kedua penyakit. Beberapa saat lalu Sars, sekarang Ebola yang lebih canggih. Ke depan pasti akan ada yang lebih canggih," imbuhnya.

Ryamizard mengatakan, guna menangkal ancaman terorisme, prajurit TNI harus bekerjasama dengan negara bangsa di dunia.

Sementara itu, untuk menangkal wabah penyakit, pemerintah akan mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan dinas kesehatan militer.

"Kalau teroris jelas prajurit harus kerja sama. Kedua adalah untuk menangkal penyakit, kita ada kesehatan militer, itu harus diberdayakan, harus belajar, ke mana-mana," ucap Ryamizard.

"Bagaimana kalau ada penyakit, bagaimana mengatasinya supaya tidak menjalar. Yang lain-lain, negara kita rawan gempa, untuk itu kita persiapkan prajurit ini kalau ada gempa supaya cepat dan tangkas dan tanggap untuk membantu rakyat," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8012 seconds (0.1#10.140)