Sisir Desa Citeko, Imigrasi Amankan Imigran Gelap Asal Afganistan

Selasa, 09 Desember 2014 - 23:05 WIB
Sisir Desa Citeko, Imigrasi Amankan Imigran Gelap Asal Afganistan
Sisir Desa Citeko, Imigrasi Amankan Imigran Gelap Asal Afganistan
A A A
BOGOR - Kantor Imigrasi Bogor mengamankan seorang imigran gelap asal Afganistan di Kawasan Puncak.

Awalnya, petugas melakukan pendataan di sebuah kontrakan di RT02/03 Kampung Citeko, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Saat melakukan pendataan, petugas menemukan seorang imigran asal Afganistan yang tidak mengantungi surat identitas.

Petugas curiga karena pada saat mendata, imigran tersebut sempat mengumpat di kamar mandi. Setelah dipaksa keluar, akhirnya dia mau keluar dari kamar mandi.

Saat ditanya soal identitas, dia tidak bisa menunjukannya. Bahkan ia juga tidak memiliki paspor. Imigran yang diketahui bernama Nematullah ini mengaku baru tiba di Cisarua kemarin malam.

Pemilik kontrakan, Yandi mengatakan, dirinya tidak mengetahui imigran gelap ini bisa tiba di kontrakannya.

"Saya tahu kemarin malam dia datang. Tiba-tiba ada imigran juga yang minta selimut tambahan," katanya kepada wartawan di Bogor, Selasa (9/12/2014).

Lanjutnya, biasanya setiap pendatang baru yang belum dibekali surat-surat identitas karena masih dalam proses. Petugas akhirnya terpaksa membawa imigran gelap ke Kantor Imigrasi Bogor untuk didata dan dimintai keterangan lebih lanjut.

Kepala Kantor Imigrasi Bogor Herman Lukman mengatakan, pendataaan ini dilakukan untuk mengetahui banyaknya imigran gelap yang ada di kawasan Puncak.

"Data terakhir Agustus ada 300 imigran gelap yang ada di kawasan Puncak," katanya.

Pihaknya kan terus melakukan pendataan hingga tiga hari ke depan. Dia juga mengingatkan kepada para pemilik kontrakan yang menerima imigran agar melapor ke Kanim Bogor.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2312 seconds (0.1#10.140)