Eks Ketua KPAI Nyalon Ketua Umum Kowani

Rabu, 03 Desember 2014 - 15:59 WIB
Eks Ketua KPAI Nyalon Ketua Umum Kowani
Eks Ketua KPAI Nyalon Ketua Umum Kowani
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Giwo Rubianto Wiyogo maju sebagai salah satu kandidat calon ketua umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) periode 2014-2019.

Giwo yang telah lama malang melintang di federasi organisasi perempuan ini mengaku telah mengantongi banyak dukungan. Setidaknya, 50 organisasi kewanitaan dari 86 organisasi yang bernanung di Kowani mengaku akan mendukung dirinya.

Dukungan itu diberikan bukan tanpa alasan. Pasalnya, mereka menilai dukungan itu patut diberikan pada Giwo karena melihat visi misi yang jelas pada organisasi.

"Total suara keseluruhan sebanyak 578. Perkiraan saya akan didukung sebanyak 450 suara. Tapi saya nggak mau terlalu percaya diri karena takut (seperti dulu)," kata Giwo, Selasa 2 Desember 2014 kemarin.

Dirinya mengaku tidak muluk-muluk memberikan janji. Dia hanya fokus pada semangat membangkitkan kembali organisasi kewanitaan melalui 24 cara. Langkah yang diambil Giwo dalam membangkitkan organisasi ini akan dibagi menjadi 12 bidang.

Di antaranya adalah bidang ekonomi, yaitu dengan mendorong peran wanita dalam perekonomian keluarga serta akan bekerja sama dengan lembaga perekonomian dan koperasi.

Bidang kesehatan yaitu dengan cara menekan angka resiko kematian ibu melahirkan. Kemudian bidang moral melalui program Hidup Sehat dengan Akhlak Mulia. "Wanita haruslah bermoral, bermartabat dan mandiri," tegasnya.

Ditambahkan, dirinya ingin nantinya Kowani menjadi pemersatu kemajuan perjuangan perempuan Indonesia. Dengan menjadikan perempuan menjadi kreatif maka perempuan menjadi berdaya saing, mandiri, dan bermartabat.

"Supaya perempuan bermartabat, mandiri, tangguh dan handal dan bisa berkompetisi. Akan dan memang saya sudah memberikan pelatihan-pelatihan kreatif, menjahit, bikin komunitas-komunitas yang membantu mengembangkan skills seperti salon dan merangkai bunga. Kita juga tak berhenti di situ. Setelah itu kita beri network, mencari modal, kita mediasi dengan bank-bank," paparnya.

Kongres Kowani sendiri akan digelar di Jakarta pada 3-5 Desember 2014. Kongres ini merupakan yang ke-24 kalinya digelar. Selain Giwo yang memiliki nama asli Sri Woerjaningsih, dalam kongres kali ini bermunculan pula sejumlah nama. Yaitu Dewi Motik yang merupakan incumbent dan Chooseyana.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7709 seconds (0.1#10.140)