NASA Bersiap Eksplorasi Harta Karun di Asteroid Psyche 16, Bikin Semua Penduduk Bumi Kaya Raya

Kamis, 03 November 2022 - 06:41 WIB
loading...
NASA Bersiap Eksplorasi Harta Karun di Asteroid Psyche 16, Bikin Semua Penduduk Bumi Kaya Raya
NASA bersiap eksplorasi Asteroid Psyche 16. FOTO/ IST
A A A
WASHINGTON - NASA bersiap melakukan eksplorasi harta karun yang terpendam di inti asteroid Psyche 16 yang berada di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Tak seperti asteroid lainnya, Psyche 16 diperkirakan berisi material seperti inti Bumi yang nilainya sangat luar biasa.



Seperti dilansir dari Ladbible, Asteroid berdiameter 226 kilometer ini diperkirakan memiliki nilai mencapai USD10 juta triliun. Jika dibandingkan dengan ekonomi dunia pada tahun 2019 yang sebesar USD 133 triliun, kandungan harta karun di Psyche 16 jumlahnya bisa 75.188 ekonomi dunia.

Misi untuk menjangkau Psyche kini sudah mencapai tahap akhir. NASA Discovery Mission Psyche, diharapkan akan diluncurkan pada tahun depan.

Fakta lebih lanjut tentang asteroid, termasuk kandungan logam pastinya, diharapkan akan terungkap pada awal 2026.

Untuk misi ini, NASA menyiapkan anggaran hampir USD1 miliar. Sekitar USD 850 juta dihabiskan untuk pengembangan misi, operasi dan sains, dan USD 117 juta lagi untuk biaya peluncuran. Total untuk misi ke Psyche ini NASA menyiapkan USD 967 juta.

Peluncuran misi dilakukan pada Agustus 2022 di atas roket SpaceX Falcon Heavy dari Launch Complex 39A di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Pesawat ruang angkasa bertenaga surya Psyche sekarang memasuki Fase D, yaitu perakitan, pengujian, dan peluncuran pesawat ruang angkasa terakhir.

Diawasi oleh Arizona State University, sasis Solar Electric Propulsion (SEP) Maxar Technologies telah dibuat oleh Maxar Technologies di Palo Alto, California, pesawat ruang angkasa itu sekarang akan pindah ke ruang kosong di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA untuk perakitan, pengujian, dan operasi peluncuran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)