Kader Minim di Kabinet Jokowi, Nasib PDIP Tak Beruntung

Jum'at, 28 November 2014 - 19:24 WIB
Kader Minim di Kabinet Jokowi, Nasib PDIP Tak Beruntung
Kader Minim di Kabinet Jokowi, Nasib PDIP Tak Beruntung
A A A
JAKARTA - Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinilai kurang beruntung dalam pembagian jabatan, baik di legislatif dan eksekutif. Padahal PDIP merupakan partai pengusung utama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mendapatkan posisi yang sama. Seharusnya sudah sepantasnya partai dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ini, mendapat jatah lebih banyak.

"Tentunya sudah sepantasnya PDIP dapat jatah lebih banyak," kata peneliti senior Indonesia Public Institut Karyono Wibowo ketika dihubungi wartawan, Jumat (28/11/2014).

Kendati demikian, meski kader PDIP tidak banyak masuk kabinet, merupakan hak presiden dalam menentukan pembantunya. Hal itulah, sambung dia yang membuat para kader kecewa. Pasalnya, PDIP sebagai partai pengusung pertama pemilu malah tak mendapatkan apa-apa.

"Komposisi ini yang menimbulkan reaksi kekecewaan sebagai kader," ucapnya.

Sementara itu, ketika ditanya posisi Jaksa Agung yang diisi partai besutan Surya Paloh, dia menyebut, lagi-lagi nasib yang dialami oleh partai warna merah tersebut kurang baik.

"Tentunya itu jatah menteri seharusnya lebih banyak dipegang Jokowi," tegas dia.

Sepertidiketahui, kursi kader PDIP di pemerintahan hanya diisi oleh beberapa kader, di antaranya Puan Maharni, Tjahyo Kumolo, Yasonna Laoly dan Puspayoga.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4894 seconds (0.1#10.140)