10 Populasi Suku Terbesar di Dunia, Ada yang Berasal dari Indonesia

Rabu, 02 November 2022 - 16:30 WIB
loading...
10 Populasi Suku Terbesar di Dunia, Ada yang Berasal dari Indonesia
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Setiap negara di dunia memiliki suku bangsa mereka masing-masing. Hingga saat ini, suku-suku tersebut masih eksis dan mempertahankan adat istiadat mereka. Populasi suku-suku tersebut pun beragam.

Beberapa diantaranya memiliki populasi suku yang besar, bahkan mendominasi dunia. Salah satu populasi suku terbesar di dunia terdapat di Indonesia. Apa saja dan berapa populasi suku-suku tersebut? Berikut 10 populasi suku terbesar di dunia.



10. Suku Marathi
Suku Marathi merupakan sekelompok orang etnolinguistik Indo-Arya yang berasal dari Maharashtra di India Barat. Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Marathi. Suku Marathi dikenal sejak abad ke-17, ketika Kekaisaran Maratha didirikan.

Di India, suku ini merupakan suku terbanyak kedua setelah suku Hindi. Hingga saat ini, populasi Suku Marathi adalah sebanyak 85 juta jiwa di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Suku Marathi memiliki 7 persen populasi dunia.

9. Suku Jawa
Salah satu suku yang ada di Indonesia ini ternyata masuk dalam jajaran populasi suku terbesar di dunia. Suku Jawa sendiri merupakan suku bangsa yang terbesar di Indonesia. terhitung sekitar sepertiga dari populasi di Indonesia merupakan Suku Jawa.

Namun Suku Jawa tak hanya mendiami Indonesia, di luar Indonesia, seperti Suriname, Belanda, Malaysia, Singapura, hingga Arab Saudi terdapat pula Suku Jawa. Dari seluruh populasi, 40 persen mendiami negara Indonesia. Jika ditotal, populasi Suku Jawa mencapai 100 juta jiwa.

8. Suku Jerman
Sebagian besar Suku Jerman, mendiami negara asalnya, Jerman. Namun dibeberapa negara lain, Suku Jerman juga masih terhitung banyak. Tercatat ada sekitar 125 juta jiwa Suku Jerman di seluruh dunia.



7. Suku Jepang
Sekitar 98 persen dari total Suku Jepang, tinggal di negara asalnya, Jepang. Tak hanya mendiami Negeri Sakura ini, Suku Jepang pun tersebar di beberapa negara, seperti Korea, China, Kanada, dan sebagainya. Hingga kini, tercatat, 128 juta jiwa dari total populasi dunia merupakan Suku Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)