Ini PR Jokowi-JK dalam Bidang Sosial

Kamis, 27 November 2014 - 12:57 WIB
Ini PR Jokowi-JK dalam Bidang Sosial
Ini PR Jokowi-JK dalam Bidang Sosial
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memiliki beberapa pekerjaan rumah terkait masalah sosial, di antaranya adalah kemiskinan.

“Berbagai masalah sosial menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah yang membutuhkan perjuangan dan dukungan semua pihak terkait demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Khofifah melalui keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Kamis (27/11/2014).

Menurut Khofifah, saat ini penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) relatif masih tinggi.

Pada saat bersamaan, kata dia, kemampuan pemerintah untuk menyelesaikan PMKS relatif rendah.

“PMKS harus diatasi dalam waktu tidak terlalu lama. Harus segera menetapkan fokus sasaran, sehingga bisa menjadi solusi dalam penanganan masalah sosial lainnya, ” tuturnya.

Berbagai masalah sosial tersebut di antaranya kebencanaan, ketunaan, keterlantaran, kecacatan, keterpencilan, kekerasan dan eksploitasi yang membutuhkan sentuhan penanganan di tengah isu global terkait dengan kemiskinan.

Kejelian dan data membaca realitas di lapangan menjadi sebuah keniscayaan.

Hal itu, kata dia, bisa membantu untuk menentukan keberhasilan implementasi berbagia program dan kegiatan.

“Berbagai program dianggap berhasil jika dalam pelaksanaannya bisa dilihat, dihitung, dilaksanakan, serta bisa dipertanggungjawabkan, ” tutur Khofifah.

Keluar dari polemik pengentasan kemiskinan, peran dari dinas sosial (Dinsos) sebagai mitra strategis di lapangan perlu keterpaduan tindakan.

Kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah terkait penyelenggaraan kesejateraan sosial (kesos) tidak semata bicara dana dekonsentrasi maupun tugas pembantuan.
Tetapi yang terpenting adalah menetapkan strategi implementasi platform penyelenggaraan kesos.

“Penanganan masalah sosial ada prosedur standar pelaksanaan yang mengacu pada tipologi, geografi, serta budaya masyarakat,” kata Khofifah.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5562 seconds (0.1#10.140)