Kongres Pemuda Nasional 2022 Dorong Pemerintah Manfaatkan Momentum G20

Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:20 WIB
loading...
Kongres Pemuda Nasional 2022 Dorong Pemerintah Manfaatkan Momentum G20
Kongres Pemuda Nasional 2022 mendorong pemerintah memanfaatkan momentum G20 untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan pemuda. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kongres Pemuda Nasional 2022 menggelar simposium yang membahas sejumlah isu strategis. Di antaranya berkaitan dengan demokrasi , ekonomi, dan gerakan sosial.

Acara yang diselenggarakan di The Radiant Center Ciputat, Tangerang Selatan ini dihadiri Ketua Komtap Organisasi Kadin Indonesia Guido D Kartasasmita, Komite Pedagang Pasar Abdul Rosyid, Ketua Umum Gema Mathlaul Anwar Ahmad Nawawi, Ketua Umum Pemuda Muslimin Indonesia Muhtadin Sabili.

Koordinator Nasional Kongres Pemuda 2022 Riyan Hidayat menyampaikan kegiatan ini diinisiasi oleh perwakilan pemuda dari organisasi primordial 34 Provinsi di Indonesia. Tiga hal yang dibahas dalam kongres ini yakni, berkaitan dengan demokrasi, ekonomi, dan gerakan sosial.



”Selama empat hari mulai 24-27 Oktober kita melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Mulai dari simposium nasional, dialog desa, kunjungan desa kreatif, dan focus group discussion,” ujarnya, Kamis (27/10/2022).



Riyan menyebut ada tiga manifesto pemuda Indonesia yang dihasilkan dari pertemuan ini. Pertama, mendorong reformasi kelembagaan dalam kultur demokrasi yang lebih transparan, efisien, dan efektif. Kedua, mendorong pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan pengembangan sumber daya manusia yang berdaya saing. Ketiga, menuntut responsibilitas pemerintah atas pemberdayaan pemuda dalam berbagai aspek yang berkeadilan.

”Selain itu kami juga mendorong pemerintah untuk dapat memanfaatkan momentum G20 tidak hanya berorientasi pada statistik pertumbuhan ekonomi saja melainkan juga melaksanakan amanah konstitusi untuk pemerataan dan kesejahteraan ekonomi. Kami juga mendorong stimulus ekonomi kerakyatan secara transparan, tepat sasaran dan berkeadilan,” ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)