Negara Lain Menua, Indonesia Masuki Masa Emas

Selasa, 28 Oktober 2014 - 19:15 WIB
Negara Lain Menua, Indonesia Masuki Masa Emas
Negara Lain Menua, Indonesia Masuki Masa Emas
A A A
JAKARTA - Indonesia harus bisa memanfaatkan bonus demografi yang dimiliki saat ini, sehingga itu bisa menjadi berkah bagi kemajuan bangsa dan bukan jadi bencana.

Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal mengatakan, fase potensial seperti ini tidak akan mudah ditemui lagi. Sehingga harus benar-benar dimaksimalkan.

"Bonus demografi akan membuat kita jadi negara maju, dari pendapat menengah menjadi tinggi dan dari negara berkembang menjadi negara yang disegani," ujar Fasli pada acara diskusi bertema "Youth Power, United to Equal" di Gedung BKKBN Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Fasli menjelaskan, peluang Indonesia menjadi negara yang disegani cukup terbuka. Karena di saat yang sama pertumbuhan generasi muda di negara dunia mengalami penurunan.

Di Indonesia sebaliknya terjadi, karena sejak 2012 jumlah generasi muda justru mencapai 70 persen dari total penduduk.

"Negara lain sudah menua kita sebaliknya. Kita punya peluang kalau kita memiliki generasi muda yang menjadi angkatan kerja bermutu," kata Fasli.

Bonus demografi dalam bahasa sederhana adalah suatu potensi manfaat ekonomi, karena penduduk didominasi oleh angkatan muda. Negara yang sudah mewujudkan bonus demografi misalnya Korea Selatan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9148 seconds (0.1#10.140)