Indonesia Juara Umum Lomba Matematika di India

Rabu, 22 Oktober 2014 - 16:41 WIB
Indonesia Juara Umum Lomba Matematika di India
Indonesia Juara Umum Lomba Matematika di India
A A A
JAKARTA - Tim Indonesia kembali mengibarkan bendera Merah Putih di dunia internasional dalam bidang pendidikan.

Kali ini tim Indonesia mempersembahkan delapan medali emas, lima perak dan tiga perunggu di ajang kompetisi matematika Wizards At Mathematics International Competition (WIZMIC) 2014 yang dilaksanakan di City Montessori School (CMS) Lucknow, India, dari 18 sampai 21 Oktober 2014.

Dalam kejuaraan olimpiade matematika ini, Indonesia mengirimkan 16 siswa yang terbagi menjadi empat tim.

Hasil untuk kategori perorangan yang diraih oleh putra-putri tingkat SMP, diwakili tim KPM sebagai tim Indonesia.

Peraih medali emas adalah, Dick Jessen William (SMP Santa Maria Pekanbaru), Ignatius Kent Hastu Parahita (SMPN 26 Surabaya), Alfian Edgar Tjandra ( SMP Springfield Depok).

Irfan Urane Aziz (SMPN 2 Depok), Fauzan Rafif Widyanto (SMPN 211 Jakarta), Pikatan Arya Bramajati ( SDN 2 Sokanegara Purwokerto), Muhammad Surya Siddiq (SMPIP Daarul Jannah Kab. Bogor), Rio Alexander Audino (SMPN 1 Singaraja Bali).

Peraih medali perak adalah, Novianita Isnaynizahra (SMPIT Ummul Quro Bogor), Muhammad Hanif Afisena Nasution (SMPI Al Azhar 8 Kemang Pratama Bekasi).

Mohammad Faraz Abisha Mirza (SMPI Al Azhar 8 Kemang Pratama Bekasi), Vania Rizky Juliana Wachid (SMPN 1 Surabaya), Azzahid A. Fairuzhaq Poeloengan (SMPN 1 Kota Bogor).

Peraih medali perunggu adalah, Armand Khalif Susetyo (SMP Labschool Kebayoran Jakarta), Hanan Fahmi (SMPI Al Azhar 12 Jakarta) dan Adinda Putri Salsabila (SMPN 1 Surabaya)

Sedangkan untuk kategori Team Award, Indonesia meraih penghargaan satu medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Team Indonesia A yang diwakili Dick Jessen William, Alfian Edgar Tjandra, Novianita Isnaynizahra dan Irfan Urane Aziz, selain mendapat medali emas untuk kategori Team Award.

Mereka juga mendapatkan penghargaan Champion Overall untuk kategori tim, sebuah penghargaan tertinggi untuk kategori tersebut.

Tim indonesia A menduduki peringkat pertama dari 43 tim yang mengikuti lomba WIZMIC 2014. Team Indonesia B yang diwakili Muhammad Surya Siddiq.

Fauzan Rafif Widyanto, Ignatius Kent, Azzahid AF Poeloengan, dan Team Indonesia D yang diwakili Rio Alexander Audino, Pikatan Arya Bramajati, Hanan Fahmi, Armand Khalif Susetyo kedua Tim tersebut masing-masing meraih medali perak untuk kategori Team Award.

Team Indonesia C yang diwakili Muhammad Hanif Afisena Nasution, Mohammad Faraz Abisha Mirza, Vania Rizky Juliana Wachid, Adinda Putri Salsabila, meraih Bronze Medal untuk kategori Team Award.

Sedangkan Group Award Indonesia meraih penghargaan dua medali emas yang diraih Team Indonesia A dan B, serta dua medali perak yang diraih Team Indonesia C dan D.

Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra mengatakan hasil WIZMIC 2014 kali sangat membanggakan bangsa Indonesia, karena jauh lebih baik dari yang diraih sebelumnya pada tahun 2011, di mana Indonesia hanya mendapatkan dua medali emas, lima medali perak, dan sembilan medali perunggu.

Untuk tahun ini, katanya jumlah peserta yang mengikuti WIZMIC adalah 172 siswa yang terbagi menjadi 43 tim dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Thailand, Philipina, Afrika Selatan dan tuan rumah India.

Ridwan menambahkan, perwakilan Indonesia juga sambil memperkenalkan budaya Indonesia tercinta. Di mana tim Indonesia juga mendapat sambutan meriah pada acara Cultural Night, dengan menampilkan Tari Tor-Tor.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2074 seconds (0.1#10.140)