Pancing Minat Remaja, Kemendikbud Gelar LPIR Tingkat SMP

Rabu, 08 Oktober 2014 - 18:35 WIB
Pancing Minat Remaja, Kemendikbud Gelar LPIR Tingkat SMP
Pancing Minat Remaja, Kemendikbud Gelar LPIR Tingkat SMP
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) pada 8-14 Oktober 2014.

Adapun LPIR ini diselenggarakan untuk yang ke-9 kalinya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud. Lomba ini bertujuan untuk memotivasi para remaja agar berminat menjadi peneliti dan ilmuan.

LPIR tahun ini dilaksanakan di Hotel Santika, Tangerang Selatan, Banten. Target peserta pada LPIR ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh Indonesia.

Direktur Pembina SMP Didik Suryadi menyampaikan, sebanyak 113 naskah yang sudah terseleksi dari peserta lomba. Dengan rincian 45 naskah berasal dari bidang ilmu pengetahuan alam.

"Selanjutnya, 34 dari bidang ilmu pengetahuan sosial dan 34 dari bidang teknologi," ujarnya seperti dikutip dari laman kemendiknas.go.id, Rabu (8/10/2014).

Dia menerangkan, naskah-naskah terbaik akan dipresentasikan di depan dewan juri. Kemendikbud berharap LPIR tingkat SMP ini dapat terus berlanjut.

Agar bisa mewadahi kreativitas, ide atau gagasan siswa dalam memahami sebuah gejala alam dan gejala sosial yang terjadi di lingkungan mereka, serta dapat dituangkan dalam sebuah tulisan ilmiah berdasarkan penelitian yang mereka lakukan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7438 seconds (0.1#10.140)