Prakiraan Cuaca BMKG, Sebagian dari 34 Kota Besar di Indonesia Bakal Diguyur Hujan

Senin, 10 Oktober 2022 - 22:36 WIB
loading...
Prakiraan Cuaca BMKG, Sebagian dari 34 Kota Besar di Indonesia Bakal Diguyur Hujan
BMKG memprakirakan sebagian besar dari 34 kota di Indonesia akan diguyur hujan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memprakirakan sebagian besar dari 34 kota di Indonesia akan diguyur hujan . Hal itu disebabkan sirkulasi siklonik yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada Selasa 11 Oktober 2022.

"Sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan Barat bagian Selatan dan di Maluku bagian barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, memanjang di Kalimantan bagian selatan dan di sekitar Maluku," kata Prakirawan BMKG Ria Rosita dalam keterangannya di Instagram @infobmkg, yang dikutip MNC Portal, Senin (10/10/2022) malam.

Ria melanjutkan, daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Sumatera Selatan hingga Bangka Belitung, dari Jawa Barat hingga Lampung, di Jawa Timur, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, dari Gorontalo hingga Sulawesi Utara, dan di Papua.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut," terangnya.

Untuk Sumatera, Ria menjelaskan, perlu diwaspadai potensi hujan yang disertai petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Pangkalpinang, Palembang, Bengkulu dan Jambi. Sedangkan untuk wilayah Bandar Lampung dan Padang esok hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan.



"Selanjutnya untuk wilayah Medan juga perlu diwaspadai terdapat potensi hujan yang disertai petir, untuk wilayah Pekanbaru dan Tanjungpinang esok hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan untuk Wilayah Banda Aceh esok hari diperkirakan cerah," urainya.

Di wilayah Jawa, dia melanjutkan, Kota Serang, Bandung dan Jakarta esok hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan, untuk wilayah Semarang esok hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang, dan waspada potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Jogjakarta dan di Surabaya.

Untuk wilayah Kalimantan, dia menjelaskan, Palangkaraya dan Samarinda esok hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Juga waapada potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di wilayah Pontianak, Banjarmasin dan Tanjung Selor.

Bali dan Nusa Tenggara, Ria menjelaskan, wilayah Denpasar esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.Potensi hujan dengan intensitas terjadi di wilayah Mataram.

"Kupang esok hari diperkirakan berawan,"ujarnya.

Di Sulawesi, menurut BMKG, secara umum kondisi cuaca besok hari di wilayah Sulawesi diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.Kecuali untuk wilayah Palu esok hari diperkirakan berawan dan wilayah Makassar esok hari diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

"Untuk yang berada di wilayah Ternate Manokwari, Ambon dan Jayapura esok hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan," tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3205 seconds (0.1#10.140)