Rekam Jejak Ketua DPR Baru Setya Novanto

Kamis, 02 Oktober 2014 - 16:57 WIB
Rekam Jejak Ketua DPR Baru Setya Novanto
Rekam Jejak Ketua DPR Baru Setya Novanto
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Golkar Setya Novanto akhirnya ditetapkan sebagai Ketua DPR melalui sidang paripurna. Munculnya nama Setya Novanto ini melalui proses pembahasan panjang dan diwarnai aksi walk out dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Hanura dan Fraksi Partai Nasdem.

Nama Setya Novanto diusulkan oleh fraksi yang tergabung dalam koalisi merah putih (KMP) di DPR dengan sistem paket yaitu Setya Novanto sebagai ketua.

Sementara untuk Wakil Ketua DPR adalah Fadli Zon dari Fraksi Partai Gerindra, Agus Hermanto dari Fraksi Partai Demokrat, Taufik Kurniawan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) serta Fahri Hamzah dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing sebagai wakil.

Wajar saja Partai Golkar akhirnya menyodorkan Setya Novanto melalui KMP, karena Setya Novanto dikenal cukup berpengaruh di Partai Golkar.

Berdasarkan penelusuran Sindonews yang dihimpun dari berbagai sunber politikus kelahiran Bandung, Jawa Barat, 12 November 1955 ini selain pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, dia juga pernah menjadi Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar di era kepemimpinan Aburizal Bakrie.

Setya Novanto juga tercatat ikut membesarkan organisasi sayap Partai Golkar, yaitu Generasi Muda (Gema) Kosgoro. Bahkan, Setya Novanto juga tercatat pernah berkecimpung di bidang olahraga, mulai pernah menjadi pengurus KONI pusat hingga ikut menyukseskan beberapa kegiatan olahraga, seperti SEA Games XIV (1997), PON XIV (1996) dan Olympic Games XXVI (1998).

Selain sebagai politikus, Setya Novanto juga diketahui sebagai seorang pengusaha. Mulai dari direktur utama hingga komisaris pernah dijabatnya di berbagai perusahaan. Bahkan, Setya Novanto juga tercatat menjadi pendiri beberapa perusahaan.

Perkawinannya dengan Luciana Lily Herlyanti telah membuahkan tiga orang anak, yaitu Reza Herwindo, Dwina Michaela dan Gavriel Putranto (anak).

Berikut latar belakang pendidikan Setya Novanto:

- SD Negeri 6, Jakarta (1967)
- SMP Negeri 73, Jakarta (1970)
- SMA Negeri IX, Jakarta (1973)
- Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandala, Surabaya
- Program S2 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti (Usakti), Jakarta (1983)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4375 seconds (0.1#10.140)