Subari, Pengawas Kesehatan di Pegunungan

Rabu, 01 Oktober 2014 - 14:47 WIB
Subari, Pengawas Kesehatan di Pegunungan
Subari, Pengawas Kesehatan di Pegunungan
A A A
JAKARTA - Sejak tahun 1993, Subari menjadi Juru Malaria Desa di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setiap hari ia mengabdikan diri berjalan kaki mendatangi satu desa ke desa lainnya untuk mengidentifikasi wilayah mana yang kemungkinan berpotensi terjadi penyebaran malaria.

Sekaligus mendata warga yang terkena malaria dan membawanya ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Selama 21 tahun mengabdikan diri memberantas malaria, sudah ribuan warga yang terselamatkan.

Seiring waktu berjalan, melihat dedikasinya yang begitu tinggi dan kedekatannya dengan masyarakat, ia tak hanya dipercaya sebagai Juru Malaria Desa.

Dinas Kesehatan kabupaten pun mempercayainya sebagai juru survivel desa yang memiliki peran mengidentifikasi masyarakat terhadap penyebaran penyakit menular seperti TBC dan DBD.

Khusus dalam penanggulangan pasien TBC, ia secara sukarela melakukan pendampingan dan pengontrolan terhadap pasien yang dalam masa pengobatan ataupun baru teridentifikasi karena batuk yang tidak sembuh selama tiga minggu.

Dalam pengabdiannya ini, baru satu tahun terakhir, setiap bulan ia mendapat gaji Rp500 ribu dari pemerintah. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, serta pengobatan istri yang sakit, Subari bekerja sebagai penyadap kelapa, ternak ayam dan kambing serta menanam kayu.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4094 seconds (0.1#10.140)