Begini Cara Mengaktifkan Bitlocker di Windows 11

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 06:19 WIB
loading...
Begini Cara Mengaktifkan Bitlocker di Windows 11
Fungsi dari bitlocker adalah untuk menjaga keamanan data dengan memanfaatkan enkripsi drive penyimpanan. Foto/WindowsCentral
A A A
JAKARTA - Bitlocker merupakan fitur yang sudah rilis lama sejak hadirnya Windows Vista, dan sekarang sudah bisa diaktifkan di Windows 11 . Di Windows 11 ditawarkan dua jenis enkripsi yaitu Bitlocker yang berguna untuk mengenkripsi dan melindungi sistem operasi dan drive data tetap.

Fungsi dari Bitlocker adalah untuk menjaga keamanan data dengan memanfaatkan enkripsi drive penyimpanan. Kemudian folder yang disimpan hanya dapat diakses oleh orang yang mengetahui password penyimpanan tersebut.

Saat mengaktifkan enkripsi di drive data kemudian akan diacak menggunakan algoritma enkripsi Advanced Encryption Standard (AES). Bagaimana mengaktifkan fitur tersebut pada Windows 11, begini caranya.

1. Mengaktifkan Bitlocker Melalui Partisi atau Drive Langsung
- Pertama-tama pilih dan cari partisi atau data drive yang akan dienkripsi
- Kemudian klik kanan pada data drive atau partisi yang ditunjuk, lalu pilih Turn on BitLocker. Apabila opsi tersebut tidak ada di box menu, bisa mengklik Show More Options lebih dahulu.
- Setelah Turn On Bitlocker di klik, silakan tunggu beberapa saat untuk lanjut ke step berikutnya.
- Di halaman Wizard, berikan tanda centang di opsi Use A Password To Unlock The Drive dan masukan password, lalu klik Next.
- Setelah itu pilih tempat di mana anda akan menyimpan recovery key. Anda bisa menyimpannya dalam akun Microsoft berbentuk file atau dengan bentuk fisik.
- Selanjutnya anda dapat memilih untuk enkripsi pada bagian drive yang sudah memiliki data di dalamnya yang akan mengenkripsi data baru secara otomatis atau dengan melakukan enkripsi menyeluruh. Jika sudah lanjut klik Next.
- Langkah berikutnya, anda tentukan metode enkripsi yang ingin digunakan yaitu New encryption mode (XTS-AES 128 bit, yang hanya mendukung Windows 10 dan Windows 11) atau metode Compatible mode (AES-CBC 128-bit, yang mendukung Windows Vista, dan Windows 8 atau 8.1).
- Jika partisi atau data drive tidak ada ikon gembok maka proses enkripsi dinyatakan telah berhasil dilakukan. Untuk masuk ke dalam partisi tersebut anda akan diminta untuk memasukkan password yang telah dibuat sebelumnya.



2. Mengaktifkan Bitlocker di Windows 11 Melalui Pengaturan
- Bukalah Settings di Windows 11
- Pilih Storage
- Pada bagian bawah “Storage Management” klik Advanced storage settings
- Selanjutnya klik Disks & Volumes
- Pilih drive/partisi dengan volume yang akan dienkripsi
- Lalu pilih volume untuk segera mengaktifkan enkripsi Bitlocker dengan klik Properties.
- Pilih opsi Turn On Bitlocker
- Di bagian bawah “Operating system drive” klik opsi Turn on Bitlocker
- Kemudian pilih opsi untuk mencadangkan kunci pemulihan dengan menyimpan ke akun Microsoft anda. Lalu klik Next.
- Pilihlah opsi Encrypt used disk space only (faster and best for new PCs and drives). Klik Next untuk melanjutkan.
- Lalu kembali pilih opsi New Encryption mode (best for fixed rives on this device). Klik Next dan pilih opsi Run Bitlocker system check.
- Langkah terakhir klik Restart now.

(MG/Ni Made Susilawati)
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)