Tekan Antrean, Menag Tekankan Naik Haji Cukup Sekali

Rabu, 17 September 2014 - 15:02 WIB
Tekan Antrean, Menag Tekankan Naik Haji Cukup Sekali
Tekan Antrean, Menag Tekankan Naik Haji Cukup Sekali
A A A
JAKARTA - Kemenag terus mencermati cara memperpendek antrean keberangkatan calon jemaah haji yang semakin panjang di beberapa provinsi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya sedang membuat kebijakan bahwa naik haji hanya diperuntukkan bagi orang yang belum pernah berhaji sama sekali.

"Jadi haji itu cukup sekali saja. Oleh karenanya bagi yang sudah berhaji, lebih bisa menahan diri lebih memberikan prioritas kepada yang belum. Karena yang belum itu hukumnya wajib, sementara yang sudah itu kan sunah saja," kata Lukman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Dia melanjutkan, pemerintah akan meminta fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam lainnya supaya kebijkan ini memiliki landasan hukum secara keagamaan.

Menurutnya, pemerintah sudah mempunyai data siapa yang sudah atau belum menunaikan ibadah haji. Namun, saat ini belum ada landasan hukum untuk mencegah orang yang sudah berhaji untuk tidak berhaji lagi.

"Kami sedang berupaya bertemu dengan negara-negara yang terhimpun dalam OKI juga pemerintah Saudi, untuk meminta apakah kuota yang tidak terserap secara optimal 100% oleh negara lain, bisa digunakan oleh Indonesia sehingga kuota yang tidak terserap habis itu bisa dimanfaatkan oleh jemaah haji Indonesia," tukasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)