Teknologi Berkembang, Indonesia Terima Pesanan dari Eropa

Rabu, 17 September 2014 - 05:30 WIB
Teknologi Berkembang, Indonesia Terima Pesanan dari Eropa
Teknologi Berkembang, Indonesia Terima Pesanan dari Eropa
A A A
DEPOK - Perkembangan di bidang teknologi informatika Indonesia mengalami perkembangan. Bahkan di dunia animasi, Indonesia sudah tidak ketinggalan lagi dengan negara lain.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya penerimaan pesanan dari negara-negara di Eropa.

"Teknologi informasi kita seperti animasi perkembangannya bagus sehingga banyak menerima order film-film besar dari Eropa," kata Menkominfo Tifatul Sembiring usai menyampaikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu (STTT) Nurul Fikri dengan tema Kesiapan SDM IT Indonesia Menghadapi MEA 2015, Selasa 16 September 2014.

Nenurutnya, studio-studio animasi Indonesia mengalami kemajuan pesat. Misalnya di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Batam.

"Studio-studio ini sering menerima order dari luar negeri dibanding dalam negeri," katanya.

Menurut dia, banyak produsen film-film besar membutuhkan keahlian khusus dalam animasi sehingga nilainya sangat tinggi. Dia berharap dunia pendidikan yang menekuni bidang teknologi informasi bisa terus mengikuti perkembangan teknologi dan menguasainya. Hal ini penting karena pada tahun 2015 akan ada perdagangan bebas kawasan ASEAN.

"Sertifikasi menjadi salah satu prasyarat untuk mendongkrak kualitas dan daya saing SDM teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia," katanya.

Ketua STT Terpadu NF Rusmanto Maryanto mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara anggota dan pendiri ASEAN sehingga perlu melihat kesiapan SDM teknologi informasi dalam rangka meningkatkan peluang sekaligus mengatisipasi agenda perdagangan bebas ASEAN pada 2015. Di era pasar bebas dan perkembangan teknologi memacu penggunaan transaksi elektronik.

"Jaringan online menjadi solusi dalam perdagangan dunia sehingga transaksi perdagangan antarnegara meningkat pesat dan menembus batas," ucapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4011 seconds (0.1#10.140)