Pengesahan Perubahan Tatib, Fraksi PDIP Walk Out

Selasa, 16 September 2014 - 18:42 WIB
Pengesahan Perubahan Tatib, Fraksi PDIP Walk Out
Pengesahan Perubahan Tatib, Fraksi PDIP Walk Out
A A A
JAKARTA - Pengambilan keputusan perubahan peraturan DPR RI tentang Tata Tertib (Tatib) dalam rapat paripurna ke-6 berlangsung alot. Fraksi PDIP menempuh langkah walk out.

Hal ini bermula karena sejumlah fraksi menginginkan agar ada penundaan pengambilan keputusan perubahan Tatib hingga menunggu proses judicial review UU MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memutuskan untuk mengadakan lobi sejenak antara pimpinan fraksi dengan pimpinan Pansus Tatib.

"Lobi beberapa menit cukup di depan saya, cukup ketua fraksi dan pimpinan pansus," ujar Priyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2014).

Dari hasil lobi disepakati pengambilan keputusan disetujui atau ditolak perubahan Tatib tetap dilakukan hari ini. Fraksi PDIP mempersilakan pengambilan keputusan tetap dilanjutkan. Akan tetapi mereka memberi catatan sebelum akhirnya keluar dari ruang rapat paripurna.

"Sampai MK menerima atau judicial review, maka apapun yang diputuskan sekarang PDIP secara substansi menyatakan tidak menerima sampai menunggu MK mengeluarkan putusan. Apapun putusan MK kita hargai bersama. Sebagai konsekuensi kita tidak mengikuti pengambilan keputusan," kata Anggota Fraksi PDIP Honing Sanny.

Aksi walk out Fraksi PDIP ini pun mendapat tanggapan sinis dari anggota DPR lainnya. "Kalau walk out enggak usah catatan, keluar saja, tidak sesuai dengan lobi tadi," ucap salah seorang anggota dewan melalui pengeras suara.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3452 seconds (0.1#10.140)