Tak Sejalan Soal RUU Pemilukada, PAN Tak Pecat Kader

Selasa, 16 September 2014 - 16:25 WIB
Tak Sejalan Soal RUU Pemilukada, PAN Tak Pecat Kader
Tak Sejalan Soal RUU Pemilukada, PAN Tak Pecat Kader
A A A
JAKARTA - PAN tidak mempermasalahkan pilihan politik Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiharto yang mendukung pemilukada langsung. Bahkan, tak ada ancaman pemecatan bagi kader yang tidak sejalan dengan garis partai.

"Ya tidak masalah, Bima ini terpilih menjadi Wali Kota karena dipilih langsung oleh rakyat. Meski berbeda sikap dengan keputusan DPP PAN, itu sikap sebagai bentuk demokrasi," kata Wakil Ketua Fraksi PAN di DPR Viva Yoga Mauladi di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

Meski membiarkan tindakan Bima Arya, Viva menegaskan, PAN sebagai partai tetap mendukung pemilukada melalui DPRD. Sikap itu, kata dia, sejalan dengan sikap seluruh partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih.

Di sisi lain, Viva mengaku, partai berlambang matahari tidak akan memecat kader-kader yang bersikap berbeda terkait pelaksanaan pilkada.

"Bima Arya adalah kader terbaik partai dan belum ada sanksi," kata Viva.

Seperti diketahui, saat ini RUU Pemilukada tengah alot dibahas di DPR. Ada enam fraksi, di antaranya Fraksi Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Gerindra, tidak setuju jika pemilukada dilaksanakan langsung.

Sementara Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Hanura menghendaki pemilukada dilaksanakan secara langsung.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4836 seconds (0.1#10.140)