Selidiki Capim KPK, Pansel Gandeng Intelijen dan PPATK

Senin, 15 September 2014 - 21:52 WIB
Selidiki Capim KPK, Pansel Gandeng Intelijen dan PPATK
Selidiki Capim KPK, Pansel Gandeng Intelijen dan PPATK
A A A
JAKARTA - Pansel Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan 11 orang dinyatakan lolos uji penulisan makalah dan pribadi. Selanjutnya, pansel akan melanjutkan uji profil (profile assement) pada 18-19 September 2014 mendatang di Kantor Kemenkum HAM.

Menurut Anggota Pansel Imam Prasodjo, untuk mengungkap latar belakang (track record) para capim tersebut, pihaknya meminta lembaga independen untuk ikut mengawasi. Adapun salah satu materi yang akan diuji menyangkut kepemimpinan dan psikologis.

"Dilakukan lembaga independen, psikolog macem-macam tes. Intinya bagaimana mendeteksi kemampuan dalam kepemimpinan, kapasitas psikologis," ujar Imam di Gedung Kemenkum HAM, Jakarta, Senin (15/9/2014).

"Kaitan dengan seberapa jauh bisa menghandle masalah berat ini, dan bisa melakukan kolektif leadership," sambungnya.

Dilanjutkan dia, agar masukan terkait track record masing-masing capim berjalan maksimal, pihaknya juga tengah menggandeng intelijen dan LSM. Masukan juga didapat dari Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Tracking melacak orang-orang ini. LSM dan intelijen serta PPATK juga dilibatkan," ungkapnya.

Pansel, tambah Imam, selain mengharapkan keterlibatan sejumlah lembaga negara independen, juga membutuhkan sikap proaktif dari masyarakat. Sebab, dari mereka keberadaan track record 11 capim KPK tersebut bisa dilacak dari segi integritas dan kapabilitasnya.

"Kami minta bantuan teman-teman wartawan untuk siarkan nama ini, agar masyarakat bisa tanggapi potensi integritas dan kapasitas, independensi mereka dan bisa dikirimkan ke SMS 0812111555 atau ke email: pansel.kpk@kemenkumham.go.id," tukasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8369 seconds (0.1#10.140)