KPK Respons Pernyataan SBY Terkait WikiLeaks

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 18:12 WIB
KPK Respons Pernyataan SBY Terkait WikiLeaks
KPK Respons Pernyataan SBY Terkait WikiLeaks
A A A
JAKARTA - Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar pihak Australia bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait informasi yang diungkap situs WikiLeaks disambut positif pihak KPK.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengapresiasi pernyataan SBY itu sebagai bentuk kepercayaan terhadap KPK.

"Pertama, kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan SBY kepada KPK," ujar Adnan ketika dikonfirmasi Sindonews melalui sambungan telepon, Jumat (1/8/2014).

Menurutnya, KPK bisa saja mengusut kebenaran informasi yang diungkap WikiLeaks tersebut. Hanya saja diingatkan olehnya, perlu didahului terjalinnya kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Asutralia.

Pihaknya juga berharap pihak Australia mau menyerahkan data yang dimiliki seputar informasi yang menuai polemik tersebut. "Kalau otoritas pemerintah Australia bisa memberikan bahan-bahan lebih cepat, itu segera bisa ditelaah," ucapnya.

Sebelumnya, SBY berharap kalau ada elemen di Indonesia yang dianggap terlibat pada penyimpangan yang mungkin terjadi pada pencetakan uang di Australia, sebaiknya diungkap dan diusut.

"Kalau dianggap melanggar hukum apa kasus dan pelanggaran hukumnya, dan saya juga berharap, kalau memang ada, bekerja samalah dengan KPK Indonesia," ucap SBY dalam keterangan persnya di Puri Cikeas, Kamis, 31 Juli 2014.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0095 seconds (0.1#10.140)